Kenapa Naik Turun Pesawat Selalu dari Pintu Sebelah Kiri?

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 19/Nov/2021 22:30 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. (Ist) Pesawat Garuda Indonesia. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ada banyak fakta menarik mengenai dunia penerbangan, terutama mengenai fitur pesawat terbang. 

Salah satu keunikan "si burung besi" yang sedang viral di TikTok sejak beberapa hari yang lalu ialah saat seorang pengguna mengungkap alasan naik pesawat selalu dari pintu di sisi kiri. 

Baca Juga:
Pertama di Dunia, Maskapai India Turunkan Penumpang dari Tiga Pintu

"Selain jet pribadi, kita akan selalu naik pesawat dari sebelah kiri," tulis video dengan narasi itu. 

Ada banyak alasan mengapa penumpang selalu naik pesawat dari sebelah kiri. Penjelasannya juga telah ditulis dalam situs-situs dunia penerbangan, seperti Simple Flying dan Aero Time. 

Baca Juga:
Penumpang Sengaja Buka Pintu Kabin dan Pukul Pramugari saat Pesawat Mengudara

Alasan utamanya ialah karena tempat duduk pilot di sebelah kanan, sehingga pintu sebelah kiri yang dibuka agar ia bisa mengarahkan pesawat lebih dekat ke terminal kedatangan untuk naik dan turun penumpang. 

"Desain awal bandara memungkinkan pesawat menaikkan atau menurunkan penumpang dekat dari pintu terminal, sehingga pesawat harus bisa menjangkau area tersebut," seorang mantan pilot Angkatan Udara AS menjelaskan di Quora. 

"Pintu sebelah kiri akhirnya lebih sering digunakan, sehingga pilot (yang duduk di sebelah kanan) bisa memperkirakan jarak sayap dengan area tersebut." 

Menaikkan dan menurunkan penumpang di sisi kiri juga menjauhkan mereka dari kru lapangan di sisi kanan, yang sedang sibuk mengisi bahan bakar pesawat atau menata kargo. 

Penjelasan lain berakar pada tradisi kapal di lautan. 

Berkat penempatan "steerboard" - bagian mirip kemudi di sisi kanan kapal - penumpang harus naik dari sisi kiri kapal, yang juga disebut port (pelabuhan). 

Akibatnya, "sebagian besar perancang pesawat dan jet mengikuti konvensi yang sama," menurut Andrew Stagg, seorang pilot komersial, seperti yang dikutip dari Travel and Leisure. 

Pintu masuk pesawat di sebelah kanan kemungkinan akan dibuka jika Anda naik pesawat kecil dengan dua tempat duduk, semisal jet pribadi. 

Tetapi selebihnya, saat naik pesawat komersial, Anda akan selalu diarahkan naik dari sisi kiri.(fh/sumber:CNN)