Wonogiri Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Waspada Cuaca Ekstrem

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 20/Nov/2021 10:42 WIB
Apel kesiapsiagaan bencana di Wonogiri. (Ist.) Apel kesiapsiagaan bencana di Wonogiri. (Ist.)

WONOGIRI (BeriatTrans.com)  – Menghadapi kondisi cuaca ekstrem, Pemkab Wonogiri menggelar Apel dan Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana.

Apel dipimpin Bupati Wonogiri,  Joko Sutopo digelar di Alun-alun Giri Kridha Bhakti dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Wonogiri mengatakan, tidak seorangpun yang mengharapkan terjadinya bencana. Namun apabila bencana itu terjadi seluruh komponen termasuk masyarakat dituntut siap menghadapi dengan sigap dan bijaksana.

“Bencana tentu tidak kita inginkan terjadi  akan tetapi sikap waspada dan siaga perlu selalu dikedepankan,” ujarnya.

Karena potensi kebencanaan dapat muncul setiap waktu. Dan kesiapan dalam menghadapinya sangat penting.

Ini  demi menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian harta atau benda.

Diakui, wilayah Kabupaten Wonogiri merupakan daerah dengan poin potensi bencana alam sangat tinggi, baik di musim kemarau maupun hujan.

Merupakan konsekuensi dari letak geografis Kabupaten Wonogiri yang berada di zona merah bencana alam.

Segenap perangkat pemerintahan memiliki kewajiban yang sama untuk bersinergi dalam penanganan bencana alam, diawali dengan membangun kesadaran untuk tetap hidup dengan aman di wilayah zona merah bencana alam,  imbuh bupati, Kamis (18/2021).

Sesuai data kebencanaan, kata Jekek, sapaan akrabnya, bencana yang terjadi di Kabupaten Wonogiri menunjukkan kecenderungan yang menurun, baik dalam jumlah maupun kerugian akibat bencana.

Data 2020 mencatat 93 kejadian bencana dengan total kerugian mencapai Rp1.287.100.000.

Pada 2021, hingga awal November tercatat tujuh kejadian bencana dengan taksiran nilai kerugian sebesar Rp22.000.000.

Ia mengapresiasi hadirnya para relawan di berbagai organisasi masyarakat dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) hingga ke tingkat desa/ kelurahan dalam penanganan bencana alam. Membuat kondisi tangguh bencana semakin kuat di Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, dalam Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana Daerah di Pendapa Rumah Dinas seusai Apel Bersama, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno  mengatakan, hadirnya relawan menjadi pionir tanggap bencana dan menjadikan Wonogiri yang terletak di zona merah bencana semakin tangguh.

“Sikap inilah yang perlu terus ditumbuhkembangkan, diwariskan dari generasi ke generasi. Agar karakter mulia ini menjadi karakter masyarakat Indonesia yang kental dengan nuansa gotong royong,” ujarnya.

Setyo menekankan perlunya penyusunan gambaran kondisi riil potensi rawan kebencanaan dalam suatu peta dan data yang rinci, untuk kemudian diinformasikan kepada masyarakat.

Sehingga, muncul tindakan antisipatif yang dapat dilakukan bahkan hingga ke anak-anak yang harus hidup di daerah rawan bencana.

Anak-anak diberikan pemahaman tinggal di wilayah rawan bencana. Tindakan apa yang harus dilakukan manakala berhadapan dengan situasi yang kritis.

Dengan metode yang tepat pemahaman menghadapi bencana akan menjadi reflek yang bagus. Sangat berguna pada situasi kritis dan situasi darurat, yang mungkin terjadi yang ditimbulkan bencana alam.

Sarasehan yang diselenggarakan via zoom meeting diikuti anggota Babinsa Kecamatan, Kepala Desa, Lurah, Ketua BPD, Ketua LPM, dan anggota relawan Desa Tangguh Bencana se-Kabupaten Wonogiri. (tr)