Konsisten Terapkan Protokes, KAI Commuter Terima Safe Guard Label SIBV

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 26/Nov/2021 20:51 WIB
Safe Guard Label SIBV tersebut diberikan langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia (Persero), Lussy Ariani Seba dan Direktur PT Bureau Veritas Indonesia Didie Tedjosumirat, dan diterima langsung oleh Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar pada Jumat (26/11/2021) bertempat di Dipo KRL Depok. Safe Guard Label SIBV tersebut diberikan langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia (Persero), Lussy Ariani Seba dan Direktur PT Bureau Veritas Indonesia Didie Tedjosumirat, dan diterima langsung oleh Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar pada Jumat (26/11/2021) bertempat di Dipo KRL Depok.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter (KCI) berhasil mendapatkan Safe Guard Label SIBV karena telah konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19 dalam memberikan pelayanan perjalanan KRL kepada pengguna jasanya. 

Safe Guard Label diberikan oleh Surveyor Indonesia dan Bureau Veritas setelah melakukan audit yang berlangsung pada awal November 2021 lalu. 

Baca Juga:
Kereta Api Suite Class Compartment dan Luxury Laris Manis saat Angkutan Lebaran 2024

Safe Guard Label SIBV tersebut diberikan langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia (Persero), Lussy Ariani Seba dan Direktur PT Bureau Veritas Indonesia Didie Tedjosumirat, dan diterima langsung oleh Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar pada Jumat (26/11/2021) bertempat di Dipo KRL Depok. 

Audit ini bertujuan untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen KAI Commuter dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan perusahaan dan dalam pelayanan perjalanan KRL kepada seluruh penggunanya. 

Baca Juga:
Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang di Angkutan Lebaran Perdana 2024

“Dengan mendapatkan Safe Guard Label SIBV ini membuktikan KAI Commuter sebagai penyedia jasa transportasi KRL telah memenuhi standar protokol pencegahan Covid-19, dan para pengguna KRL bisa lebih yakin lagi dalam menggunakan KRL selama masa pandemi ini.” ujar Roppiq. 

Audit Safe Guard Label SIBV dilakukan oleh Surveyor Indonesia dan Bureau Veritas Indonesia selama 5 hari dengan mengambil sampel pada 9 lokasi yang terdiri dari 6 stasiun, 2 kantor, dan 1 Dipo KRL, di mana seluruh lokasi tersebut sudah merepresentasikan gambaran proses bisnis yang ada di KAI Commuter secara keseluruhan. 

Baca Juga:
Menhub Temui Sejumlah Pihak di Jepang, Bahas Kerja Sama Transportasi

SafeGuard Label SIBV ini sediri adalah pemeriksaan penerapan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 yang memenuhi kriteria kesehatan, keselamatan, dan kebersihan yang telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

Roppiq menambahkan, bahwa tidak mudah dalam mendapatkan label Safe Guard ini dan KAI Commuter akan terus berkomitmen untuk terus mempertahankannya. 

“Layanan KRL di masa pandemi ini membutuhkan usaha yang lebih dalam melayani seluruh pengguna KRL. Layanan harus berjalan sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.” tutup Roppiq. 

Pada pemberian Safe Guard Label SIBV ini, dilakukan juga penempelan stiker Label SIBV di kantor Dipo KRL Depok dan area Over Haul Dipo KRL Depok oleh Direktur Utama KAI Commuter dan Direktur SDM PT Surveyor Indonesia (Persero). Penempelan stiker ini, merupakan bukti bahwa seluruh wilayah kerja KAI Commuter telah secara konsisten menerapkan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.  

KAI Commuter juga telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mewajibkan seluruh penggunanya menggunakan masker ganda, mencuci tangan dan menerapkan jaga jarak aman antar pengguna dengan membatasi jumlah orang yang dapat naik kereta untuk mengantisipasi kepadatan di dalam kereta. Calon pengguna KRL juga diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin baik melalui aplikasi, sertifikat secara fisik, maupun digital kepada petugas. Diharapkan dengan diterimanya Safe Guard Label SIBV oleh KAI Commuter, seluruh pengguna KRL bisa merasa lebih aman lagi dalam menggunakan KRL.(fhm)