Wakil Gubernur AAL Buka Indonesia Naval Academy English Competition (INAEC) 2021

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 27/Nov/2021 06:52 WIB
Foto:istimewa/k Foto:istimewa/k

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL), Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han)., CHMRP., mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), membuka Indonesia Naval Academy English Competition (INAEC) 2021 yang berlangsung secara virtual dari Gedung R. Soebijakto, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Jumat (26/11).

Baca Juga:
Lattek Bakual Pistol Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-70 Tahun 2022

INAEC yang berlangsung 26-28 November tahun 2021 ini, diikuti 26 perguruan tinggi se-Indonesia yaitu, Akademi Angkatan Laut sebagai tuan rumah, STTAL, Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Kepolisian, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Hang Tuah, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Baca Juga:
Sambut Peringatan Hari Jadi Ke-77 TNI Angkatan Laut, AAL Ikuti Bhakti Kesehatan

Kemudian Universitas Jember, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajah Mada, Universitas Hayam Wuruk Surabaya, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Lampung, UHT Surabaya, Politeknik Negeri Malang, Universitas Sumatera Utara dan UPN Veteran Jawa Timur.

Menurut Gubernur AAL dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub AAL mengatakan bahwa, Event dua tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan, dan menumbuhkembangkan kemampuan bahasa Inggris Taruna dan mahasiswa dalam bentuk kompetisi debat bahasa Inggris.

Baca Juga:
Akademi Angkatan Laut Gelar Doa Bersama Jelang HUT Ke-77 TNI AL Tahun 2022

 

Di samping itu, melalui kompetisi ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan dan berbagi informasi dan pengetahuan antara taruna dan mahasiswa. Perkembangan lingkungan strategis tentunya membutuhkan kemampuan sumber daya manusia yang adaptif dan unggul serta mampu menjawab tantangan perkembangan zaman.

INAEC tahun ini lanjutnya, dilandasi dengan tema: “Adapting The Era Of Disruption 4.0 and Embracing The Future For Betterment”. Para generasi muda millenial diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan Era Disrupsi 4.0 dan dapat menyambut masa depan untuk kebaikan bersama.

Selain itu tambahnya, alasan utama penentuan tema ini adalah generasi muda millenial diharapkan menjadi agen-agen pembaharu dan penerus peradaban dan saya percaya INAEC 2021 akan menjadi langkah awal bagi generasi muda millenial untuk berkontribusi positif dan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan diri untuk masa depan yang lebih baik.

“Pelaksanaan INAEC tahun ini mencakup tiga kompetisi, yaitu Debat Bahasa Inggris, Newscasting dan Esai. Pada pelaksanaan tahun lalu, hanya dilakukan kompetisi Debat Bahasa Inggris. Namun, kali ini kita menambah dua kompetisi yaitu Newscasting dan Esai,” terangnya.

Dengan penambahan ini diharapkan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan para peserta lomba. Disamping itu, lomba INAEC 2021 saat ini dilaksanakan secara virtual mengingat kita masih berada dalam suasana pandemi. Namun, diharapkan tidak mengurangi semangat dan antusiasme peserta lomba sekalian.(ahmad)