Bisnis Cuci Kendaraan Bermotor di Indramayu Masih Terbuka

  • Oleh : Taryani

Selasa, 30/Nov/2021 16:07 WIB
Dua tenaga cuci kendaraan bermotor sedang mengelap body  MPV sehabis dicuci. (Taryani)        Dua tenaga cuci kendaraan bermotor sedang mengelap body MPV sehabis dicuci. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Peluang bisnis cuci kendaraan bermotor di Kabupaten Indramayu , Jawa Barat tampaknya masih terbuka. Hal itu seiring semakin bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Kota Mangga.

Setiap saat,  showroom mengeluarkan kendaraan baru sebagaimana dipesan pembeli. Ada sejumlah showroom kendaraan bermotor yang rajin berpromosi,  sehingga setiap saat mampu menggaet pembeli cash maupun credit.

Sebut saja showroom Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki, Daihatsu dan sebagainya. Showroom-showroom itu bukan hanya terdapat di Kota Indramayu saja tetapi juga tersebar di Jatibarang dan ibukota kecamatan lainnya.

Meskipun di dalam manual book yang disertakan saat membeli unit atau kendaraan baru tidak tertera kendaraan harus dicuci sampai bersih, namun pemilik atau pengguna kendaraan dengan kesadaran sendiri membersihkan kendaraan yang kotor sehabis digunakan.

“Kalau rutin mencuci sih enggak. Pokoknya kalau kelihatan permukaan cat kotor ya kita bawa ke mari ke tukang cuci kendaraan bermotor ini,” kata Pak Sur, 61 salah seorang pemilik kendaraan MPV.

Dihubungi BeritaTrans.com, Selasa (30/11/2021) pria pensiunan PNS ini menyatakan punya pengalaman panjang keluar masuk tempat cuci kendaraan. Sudah seringkali mobil MPV miliknya dicuci menggunakan jasa bengkel cuci kendaraan bermotor.

Seperti biasa katanya setiap kali mencuci mobil itu selalu antre. Karena banyak pemilik kendaraan lain yang sama-sama ingin membersihkan eksteroir dan interior mobilnya agar nyaman saat digunakan.

 

Setelah disemprot air menggunakan steam dan dicuci dengan sabun mobil perlu dikeringkan dengan dilap menggunakan tenaga manual. (Taryani)

 

“Di sini di Indramayu ini mestinya ada bengkel khusus cuci mobil yang bisa mencuci mobil secara massal. Sekali cuci  5 sampai 8 mobil beres sekaligus. Hal ini  agar konsumen tak terlalu lama antre,” ujarnya.

Dikatakan, menyangkut soal tarif cuci mobil di Kota Indramayu ternyata berbeda-beda. Tarif terendah cuci mobil Rp35 ribu dan tertinggi Rp60 ribu sekali cuci.

Yang membedakan tarif biasanya pada pelayanan. “Kalau yang Rp35 ribu kendaraan dicuci tapi tidak menggunakan hidraulik. Kalau yang Rp60 ribu cucinya pakai hidraulik,” katanya.

Meskipun tarifnya berbeda-beda katanya namun intinya sama. Setelah dicuci kendaraan itu terlihat bersih.

Mencuci kendaraan tidak dilakukan rutin. Tetapi patokannya jika melihat sudah banyak kotoran seperti lumpur yang menempel pada body kendaraan segera masuk bengkel cuci kendaraan.

Kalau mobil kelihatan masih bersih paling cukup dilap tipis saja menggunakan kemoceng. Biasanya frekwensi mencuci kendaraan itu lebih sering dilakukan saat musim penghujan, seperti sekarang ini.

Pada musim penghujan,  kendaraan dicuci paling tidak seminggu sekali. Hal itu untuk menjaga penampilan kendaraan.

Selain itu  juga menghindari keropos body karena kotoran seperti lumpur  atau air asin yang terlalu lama menumpuk pada bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti spakbor dan sebagainya. (Taryani)