Progres MRT Bundaran HI-Haemoni Capai 25,83%

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 30/Nov/2021 22:55 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP201 Bundaran HI-Harmoni telah mencapai 25,83 persen.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menuturkan, dalam paket proyek ini terdapat dua stasiun MRT Jakarta yang tengah dibangun yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Sabtu 20 April, Tarif Promo Terjauh hanya Rp 10.000

Untuk Stasiun Monas, pekerjaan yang sedang dilakukan yaitu meliputi pemasangan rebar (pembesian) untuk persiapan pengecoran roof slab pada stasion box Monas, pengecoran base slab RSS dan persiapan TMB launching shaft sisi selatan.

Sementara pekerjaan yang dilakukan di Stasiun Thamrin yaitu meliputi pekerjaan D-Wall di area TBM shaft selatan, station box selatan, shaft utara.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 19 April, Tarif Promo Belaku di Jam Ini!

Lalu pekerjaan power blender di station box utara, pekerjaan guide wall shaft utara, pekerjaan kingpost station box selatan, pekerjaan traffic deck pada shaft selatan dan pemasangan tunnel eye untuk persiapan kedatangan TBM di area utara Bundaran HI.

Sebelumnya diketahui, mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TBM) pertama atau TBM 1 untuk MRT fase 2A telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu, 21 November 2021.

Baca Juga:
Penandatanganan Paket Kontrak 205 MRT Jakarta Disaksikan Menhub

TBM 1 tersebut telah selesai difabrikasi di salah satu pabrik milik perusahaan multinasional asal Jepang yaitu Kawasaki Heavy Industries, Ltd di Hangzhou dan Wuhu, Republik Rakyat China.

Nantinya mesin bor terowongan tersebut akan digunakan dalam proyek MRT Fase 2A CP201.

Persiapan peluncuran (launching) dan penggalian terowongan rencananya akan dimulai pada Januari 2022.

TBM 1 akan diangkut ke Stasiun Bundaran HI pada akhir November 2021 untuk membuat terowongan dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Harmoni.