Rusia Klaim Vaksinnya Ampuh Lawan Covid Omicron

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 03/Des/2021 10:41 WIB
Vaksin Rusia. Vaksin Rusia.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Vaksin Covid-19 Sputnik V, yang dikembangkan Kementerian Pertahanan Rusia dan Gamaleya Research Institute, diklaim mampu melawan infeksi dari virus corona varian baru Omicron.

"Gamaleya Institute percaya Sputnik V dan Light akan menetralkan Omicron karena mereka memiliki kemanjuran tertinggi dibandingkan mutasi lainnya," kata Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) Kirill Dmitriev, yang memasarkan vaksin ini di luar negeri, melalui akun Twitter resmi Sputnik V, dikutip Jumat (3/12/2021).

"Dalam kasus tak perlu modifikasi, kami akan menyediakan beberapa ratus juta booster (vaksin penguat) Sputnik Omicron pada 20 Februari 2022," terang Kirill Dmitriev, dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, Rusia mengatakan perlu lebih banyak data sebelum kesimpulan dapat ditarik tentang varian baru ini. Ini juga terjadi di seluruh dunia.

"Kami melihat reaksi di pasar bersifat emosional, tidak berdasarkan bukti ilmiah karena belum ada," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Seluruh dunia saat ini mencoba mencari tahu seberapa berbahayanya itu."

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya mengingatkan dunia akan potensi bahaya dari Covid-19 varian baru Omicron. Virus ini kemungkinan akan menyebar lebih luas dan menimbulkan risiko global 'sangat tinggi'.

WHO memperingatkan akan adanya lonjakan infeksi Covid-19 di masa mendatang dan kekhawatiran dapat memiliki 'konsekuensi parah' pada beberapa area.

"Mengingat mutasi ini memiliki potensi mampu melawan sistem kekebalan yang terbentuk, ada kemungkinan potensi penyebaran omicron lebih lanjut di tingkat global," tulis WHO dalam penjelasan teknis kepada 194 negara anggotanya, dikutip dari CNBC International.

"Berdasarkan karakteristiknya, mungkin ada lonjakan Covid-19 di masa depan, yang dapat memiliki konsekuensi parah, tergantung pada sejumlah faktor termasuk di mana lonjakan akan terjadi. Risiko global secara keseluruhan terhadap variant of concern baru Omicron dinilai sangat tinggi."

WHO juga resmi memasukan Omicron sebagai "variant of concern" atau VOC (varian yang mengkhawatirkan). Omicron dilaporkan memiliki banyak strain atau mutasi dibandingkan varian Alpha, Beta dan Delta dan dianggap sangat menular. (ds/sumber CNBC News Indonesia)
 

Tags :