BNPB: 13 Orang Meninggal Dunia dan 41 Luka Bakar Akibat Gunung Semeru di Lumajang Jatim Meletus

  • Oleh : Dirham

Minggu, 05/Des/2021 13:14 WIB
Penduduk desa beristirahat di tempat penampungan sementara pasca meletusnya Gunung Semeru, di desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur. Penduduk desa beristirahat di tempat penampungan sementara pasca meletusnya Gunung Semeru, di desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur.

LUMAJANG (BeritaTrans.com) - Seanyak 13 Orang meninggal dunia dan 41 luka barar akibat meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur..

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, informasi tersebut dia terima langsung dari Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto yang bertolak ke lokasi bencana.

Baca Juga:
Gunung Semeru Lumajang Meletus: Ini Kata Mbah Rono dan Perintah Presiden Jokowi

"Berdasarkan informasi langsung pukul 09.20 WIB dari Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto yang saat ini sedang menuju Lumajang, total 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut," ujar dia dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Abdul Muhari menyebut, dari 13 jiwa meninggal, baru dua yang terindentifikasi. Dua korban meninggal teridentifikasi berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

41 Orang Luka Bakar

Abdul Muhari mengatakan, 41 orang yang mengalami luka, khususnya luka bakar mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara.

"Sementara itu, warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil," kata dia.

Dia mengatakan, untuk saat ini ada delapan kecamatan dan beberapa desa yang terdampak abu vulkanik, meliputi Kecamatan Ampelgading pada Desa Argoyuwono. Kecamatan Tirtoyudo pada Desa Purwodadi dan Desa Gadungsari. Kecamatan Pagelaran pada Desam Clumprit.

Kemudian Kecamatan Wajak pada Desa Bambang. Kecamatan Kepanjen pada Desa Panggungrejo dan Mojosari. Kecamatan Dampit pada Kelurahan Dampit. Kecamatan Bantur pada Desa Bantur dan Rejosari, dan Kecamatan Turen pada Desa Talok. (ds/sumber Liputan6.com)