Angkasa Pura I Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 10/Des/2021 20:11 WIB
Penyerahan bantuan AP I secara simbolis kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru Penyerahan bantuan AP I secara simbolis kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I menyalurkan bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak awan panas Gunung Semeru yang terjadi Sabtu (4/12/2021). 

Melalui Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya, Manajemen Angkasa Pura I beserta anak perusahaan dan serikat pegawai menyalurkan bantuan berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari kepada warga masyarakat Kabupaten Lumajang yang mengungsi.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Bantuan yang bernilai keseluruhan Rp66.705.500, disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Kamis (9/12/2021) siang.

"Kami turut prihatin atas musibah bencana alam awan panas Gunung Semeru yang menimpa warga masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi bencana. Bantuan kami salurkan kepada warga masyarakat yang terpaksa harus mengungsi karena bencana alam ini, dengan harapan dapat meringankan beban warga terdampak bencana," ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian Angkasa Pura I selaku Perusahaan BUMN yang wajib untuk selalu hadir bagi masyarakat. 

"Nilai bantuan yang kami salurkan adalah senilai Rp66,7 juta. Selain dari anggaran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, bantuan ini juga berasal dari donasi anak perusahaan, serta dari insan karyawan dan karyawati Angkasa Pura I yang terketuk hatinya untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan uluran bantuan," urainya.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan adalah berupa barang kebutuhan sehari-hari, yaitu keperluan bayi dan balita (popok dan minyak telon), kebutuhan wanita, peralatan tidur, peralatan mandi, air mineral siap minum, masker, dan perlengkapan ibadah. 

Handy mengungkapkan, bantuan yang disalurkan Angkasa Pura I melalui Manajemen Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya tersebut tiba di GOR Wira Bhakti Kabupaten Lumajang, serta diserahkan langsung kepada BPBD Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya langsung disalurkan kepada warga masyarakat terdampak bencana yang mengungsi.

"Kami memprioritaskan penyaluran bantuan berupa keperluan sehari-hari untuk bayi, anak-anak, dan wanita, dikarenakan kebutuhan ini adalah yang paling dibutuhkan di saat darurat seperti ini. Secara khusus, kami juga turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada insan karyawan dan karyawati, Asosiasi Karyawan AP I, dan Serikat Pekerja AP I Bandara Juanda atas donasi dan partisipasi aktif dalam aksi kemanusiaan ini," imbuh dia.

Adapun rincian dana bantuan tersebut adalah berasal dari dana Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sektor bencana alam senilai Rp25.000.000, donasi dari Asosiasi Karyawan AP I (AKA) senilai Rp10.400.000, donasi Serikat Pekerja AP I (SP I) senilai Rp12.400.000, donasi anak perusahaan senilai Rp7.400.000, serta donasi dari karyawan/karyawati PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya senilai Rp11.505.500. (omy)