Indonesia Terpilih Kembali Jadi Anggota Dewan IMO Kategori C

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 11/Des/2021 11:04 WIB
Majlis ke-32 Dewan IMO Majlis ke-32 Dewan IMO


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) kategori C.

Proses pemilihan dan penghitungan suaranya di London, Jumat (10/12/2021). 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

"Keberhasilan Indonesia terpilih lagi di Dewan IMO, menunjukan pengakuan dunia atas eksistensinya di sektor maritim Internasional," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi Sabtu (11/12/2021) pagi.

Ada 175 negara menjadi anggota IMO. Sebanyak 40 negara di antaranya menjadi anggota Dewan IMO, yang terbagi lagi menjadi tiga katagori (A, B, dan C). 

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

Kategori A ada 10 negara yang mewakili armada pelayaran niaga internasional terbesar dan sebagai penyedia angkutan laut internasional terbesar. 

Kategori B diisi 10 negara yang mewakili kepentingan terbesar dalam “International Seaborne Trade". 

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Adapun Kategori C beranggotakan 20 negara, yang memiliki kepentingan khusus dalam transportasi laut atau navigasi, dan mewakili semua daerah geografis utama di dunia.

"Menjadi anggota Dewan IMO, dapat memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman," ungkapnya.

Lebih lanjut, Menhub juga memberikan apresiasi kepada para stakeholder serta masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang telah memberikan dukungannya selama ini. (omy)