Aktifitas Bongkar Muat hingga Pembetulan Kapal-kapal Kayu Tradisional di Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 10/Des/2021 14:16 WIB
Suasana bongkar muat kapal kayu tradisional di Pelabuhan Sunda Kelapa (foto:BeritaTrans/ahmad) Suasana bongkar muat kapal kayu tradisional di Pelabuhan Sunda Kelapa (foto:BeritaTrans/ahmad)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Di bawah terik matahari, pekerja pelabuhan atau Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dengan gesit menumpuk barang-barang dan menyusunnya di atas palet lalu menggantungkkan tali untuk dinaikkan ke kapal kayu yang menyandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Pelabuhan ini berada di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jumat (10/12/2021). 

Baca Juga:
Kapal Kargo Kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa Diduga Karena Gesekan Besi

Barang yang dinaikkan dari truk dinaikkan ke kapal, antara lain semen, air mineral, sembilan bahan pangan pokok, juga pasir putih yang dikemas dengan karung warna putih.Untuk dibawa ke daerah. 

Baca Juga:
Target 2 Hari, Bangkai Kapal Kayu yang Terbakar dan Tenggelam di Pelabuhan Sunda Kelapa segera Dievakuasi

Kapal Layar Motor (KLM) Nusa Bhakti Bahari berwarna Oranye dan putih dengan GT 220 akan menuju Bangka Belitung dan kembali lagi ke Pelabuhan Sunda Kelapa dengan bawa muatan pasir putih untuk bahan kosmetika dan yang lainnya sudah dikemas dalam karung. 

Sementara itu, di antara celah ada perahu yang menjajakan dagangannya seperti kopi, dan minuman dingin lainnya. 

Baca Juga:
Terminal Kapal Penumpang Tanjung Priok akan Dipindahkan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Penjaga dagangan bernama Yohana, ibu satu anak ini, mulai berjualan dari pagi hingga sore. Bersama sang kakak dia di antar dengan perahu dari seberang pelabuhan tersebut. 

BeritaTrans melihat ada kesibukan pembetulan kapal kayu yang sedang ditambal oleh pekerja ahli dalam bidangnya, yakni menservice kapal-kapal yang bocor lalu ditambal dengan keahlian khusus. 

Seperti diungkapkan Ramen asal Makassar bersama 10 rekan kerja, "Sudah seminggu menbetulkan kayu-kayu kapal yang bocor kebetulan ada dua kapal yang kita kerjakan, semua pekerja ini sudah terampil dan punya keahlian khusus bidang kapal kayu," tuturnya. (ahmad)