Terungkap, Harga Avanza Baru Jadi Mahal Ternyata Ini Sebabnya

  • Oleh : Dirham

Senin, 13/Des/2021 14:34 WIB
Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru. Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru.

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Pada generasi Avanza model, Toyota Avanza dan Calya sempat beda tipis harganya. Namun sekarang harga Avanza dan Calya sudah terpaut jauh Rp 60-97 jutaan.

Harga Toyota Calya saat ini mulai Rp 146,2 juta, sedangkan Avanza mulai Rp 206 juta. Padahal sebelum ada versi terbaru harga Avanza terendah sempat hanya Rp 180-an juta.

Baca Juga:
Mobil `Sejuta Umat` Avanza, Jadi Terlaris Lagi November

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi menjelaskan soal gap yang cukup jauh ini. Ia bila pada generasi sebelumnya calon pembeli Avanza dapat saja bergeser ke Calya tipe tertinggi, atau sebaliknya.

"Kalau saya lihat sekarang dengan ada pergeseran ini, kalau dulu kan antara Avanza dan Calya itu kan gap-nya tipis yah, jadi kadang-kadang customer Calya beli Avanza, atau Avanza beli Calya itu sering terjadi," papar Anton pada ajang Journalist Test Drive Toyota All New Avanza dan All New Veloz di Pulau Bali.

Baca Juga:
Road To Jamboree Nasional TACI Ketiga akan Berlangsung di Kota Malang

Ketika ditanya oleh para wartawan tentang gap yang cukup besar antara Avanza dan Calya ini, Anton menjawab Toyota sedang mempelajari perkembangan dari strategi mereka ini.

"Ya kita harus lihat sih, karena sekarang harapan kita gap itu masih bisa di-cover oleh (Avanza) 1.3 E atau Calya top grade. Tapi kita lihat perkembangannya kayak apa," paparnya.

Baca Juga:
Tiba-Tiba Pabrik Avanza Tutup, Ada Apa?

Anton mengatakan bahwa dengan adanya gap harga yang cukup jauh ini, permintaan atau demand dari Calya akan semakin meningkat dan pasar pembeli Avanza-Calya kian berbeda.

"Tapi sekarang dengan ada pergeseran ini, saya lihat profilnya makin nyata beda dan dengan sendirinya saya lihat demand Calya pun akan gradually akan naik lagi," lanjutnya.

Perlu diketahui, tipe termahal dari Toyota New Calya yakni 1.2 G A/T dibanderol Rp 167.490.000, sedangkan All New Avanza tipe termurah alias 1.3 E M/T dibanderol Rp 206.200.000. Angka ini terpaut sekitar Rp 38 jutaan.

Sedangkan pada Avanza generasi sebelumnya, tipe termurahnya yaitu 1.3 E STD M/T dibanderol hanya Rp 187.600.000. Berarti dalam versi Avanza sebelumnya, harga Avanza termurah dengan Calya termahal hanya terpaut sekitar Rp 20 jutaan.

Strategi semacam ini bukan hal baru bagi Toyota, pada 1990-an, Toyota Kijang menjadi segmen pemula atau entry level bagi konsumen pemik mobil pertama. Namun, kini Kijang sudah jauh naik kelas sebagai medium MPV setelah Avanza muncul pada 2004 lalu, posisinya jadi entry level. Kini terungkap hal sama terjadi pada Calya, mobil MPV entry level saat ini sudah bergeser padanya, setelah Avanza perlahan naik kelas. (ds/sumber CNBC News Indonesia)
 

Tags :