Penerbangan Lion Air Rute Padang-Batam Alami Masalah, Ini Penjelasan dan Penanganan Maskapai

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 14/Des/2021 05:56 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

PADANG (BeritaTrans.com) - Lion Air (kode penerbangan JT) menyampaikan bahwa operasional dan penerbangan nomor JT-145 rute Bandara Internasional Minangkabau Padang (PDG) tujuan Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BTH) telah dipersiapkan dengan baik sebagaimana standar operasional prosedur (SOP). 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan bahwa Lion Air, Senin (13/12) mengoperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LQR, membawa tujuh awak pesawat dan 196 penumpang. 

Baca Juga:
Selama Libur Lebaran, Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang

"Pendaratan kembali dilakukan sesuai prosedur dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Danang. 

Dijelaslan, slebelum keberangkatan, awak pesawat dan teknisi sudah melakukan pemeriksaan pada armada tersebut (pre flight check) dan dinyatakan layak serta aman dioperasikan (airworthy for flight). 

Baca Juga:
Monitoring Arus Balik Lebaran 2024, Dirjen Perhubungan Udara Apresiasi Semangat Karyawan AirNav

"Proses keberangkatan dijalankan menurut SOP. Pesawat lepas landas pada 13.53 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan dijadwalkan tiba pukul 14.55 WIB," ujar Danang pada keterangnya. 

Dia menjelaskan, saat setelah 15 menit mengudara,  pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal (return to base/ RTB) ke Bandara Internasional Minangkabau, dikarenakan ada salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan pengatur tekanan udara dalam kabin pesawat ada indikasi gangguan, sehingga segera dilakukan pengecekan. 

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik

"Keputusan pilot sudah tepat, guna memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, masker oksigen diturunkan untuk dipergunakan oleh penumpang," kata Danang. 

Prosedur penggunaan masker dipandu oleh awak kabin secara tepat dan benar. Semua penumpang melepas masker pelindung wajah, kemudian menggunakan masker oksigen. Seluruh alat berfungsi dengan baik. 

Pesawat mendarat pada 14.40 WIB. Setelah parkir sempurna pada tempatnya (parking stand), penumpang diarahkan turun menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Kondisi dimaksud, awak pesawat dan penumpang dalam keadaan selamat. 

Lion Air saat ini tengah melakukan proses pemeriksaan guna mengetahui penyebab, agar memperoleh rekomendasi operasional. 

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," kata Danang. 

Lion Air memberikan kompensasi (delay management) sebagaimana ketentuan yang berlaku. 

Untuk penerbangan tujuan Batam telah dipersiapkan dengan pesawat pengganti, menggunakan pesawat Lion Air lainnya yaitu Boeing 737-900ER registrasi PK-LHK. Pesawat dilakukan pengecekan awal (pre flight check) dan dinyatakan layak serta aman dioperasikan (airworthy for flight). 

Pesawat lepas landas pukul 18.43 dan sudah mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim pada 19.36 WIB. 

"Lion Air memiminalisir dampak yang terjadi, agar penerbangan dan operasional Lion Air yang lain tidak terganggu," pungkas Danang.(fhm)