KAI Commuter Siap Jalankan KRL Masa Nataru, Ini Prokes dan Tantanganya!

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 17/Des/2021 17:42 WIB
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI mulai menyiapkan posko persiapan Layanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021/2022) pada 17 Desember 2021. Hal itu diungkapkan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada kenferensi pers hari Ini. 

"Mulai 17 Desember ini kita mulai menyipkan posko angkutan natal dan tahun baru di KAI Group baik kereta jarak jauh maupun Commuterline," ujar Anne Purba. 

Baca Juga:
Libur Panjang Paskah, Stasiun Tanah Abang Layani 72 Ribu Lebih Penumpang KRL

Anne mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan kepada pengguna KRL saat Nataru yaitu masih pembatasan jumlah penumpang 50 persen. 

Dia juga menyebut, KAI Commuter tidak banyak melakukan perubahan pola operasi pada masa Nataru ini. Adapun jumlah operasikan KRL Jabodetabek sebanyak 1.005 perjalanan tiap harinya, dengan total 94 rangkaian KRL. KRL Commuter Line Jabodetabek pada masa Angkutan Nataru ini tetap akan beroperasi mulai pukul 04:00 WIB hingga 22:00 WIB. 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

"Ini rekor. Belum mencapai 100 persen penumpang, kota sudah menjalankan 1005 perjalanan, karena kami punya targer 1001 perjalanan," sebut Anne. 

Perjalanan KA tersebut sudah dijalankan pihak KAI Commuter selama tiga pekan belakangan ini. 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Dia juga menyebutkan postensi pada Nataru ini adalah pada penumpang usia 6-11 tahun yang saat ini menjadi fokus Pemerintah sebagai penerima vaksin. Penumpang dengan usia tersebut nantinya akan menaikkan jumlah penumpang pada saat Nataru. 

Anne juga menyebutkan adanya potensi lain yang akan terjadi yaitu meningkatnya jumlah penumpang musiman, yang di mana mereka akan naik kereta harus diberikan pemahaman lagi mengenai aturan dan protokol kesehatan di angkutan masal tersebutm 

"Tantangan Nataru ini, orang yang tidak pernah naik kereta, akan dipresiksi naik kereta serta edukasi dan sosialisasi perlu lagi ditingkatkan," katanya.

Hal lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah penumpang musiman yaitu adanya masa libur sekolah dan tidak ditutupnya sektor kegiatan pekerjaan di Jabodetabek. 

Anne menegaskan terkait operasional KRL Commuterlina yaitu sesuai arahan dari pemerintah Pusat merujuk pada Addendum Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021 tanggal 11 Desember 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Nataru 2021/2022 Dalam Masa Pandemi Covid-19.(fhm)