Menaiki MRT, Penumpang Anak Riang, Bisa Foto-Foto

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 18/Des/2021 15:35 WIB
Suasana di dalam ratangga. Suasana di dalam ratangga.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Banyak penumpang anak bersama orang dewasa menggunakan ratangga atau MRT Jakarta pada Jumat (17/12/2021). 

Suasana di Stasiun Ratangga tampak sepi, namun saat diberangkatkan beberapa stasiun pemberhentiannya, ada penumpang yang sudah mananti dan akan menaiki rangkaian Ratangga. 

Baca Juga:
Sudah Beroperasi 5 Tahun, MRT Jakarta Angkut 102 Juta Penumpang

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id suasana dari Stasiun Dukuh Atas yang merupakan stasiun ke dua setelah Stasiun Bundaran HI tampak telah diisi beberapa penumpang. 

Penumpang Ratangga diharuskan memiliki sertifikat vaksin minimal dosis pertama atau melakukan pemindaian kode QR Aplikasi PeduliLindungi. Petugas di pintu masuk area pintu jaga juga akan memeriksa barang bawaan calon penumpang. 

Baca Juga:
Kartu Multi Trip Ticket MRT Bakal Dihapus, Penumpang Harus Pakai Apa?

Terlihat di gerbong dan dari beberapa stasiun banyak penumpang yang mencoba naik bersama atau rombongan dengan anak kecil menggunakan Rantangga. Suasana juga tampak lengang, semua penumpang tampak terlihat duduk dengan sesuai kursi yang sudah diberi tanda. 

Baca Juga:
Proyek Transportasi Jakarta 2025-2044, Ini Rancangannya!

Bukan hanya penumpang anak, sejumlah remaja terlihat asik mengambil foto mengabadikan diri mereka dengan berlatar belakang ornamen ratangga, baik di stasiun maupun di saat perjalanan. 

Petugas di dalam rangkaian hilir mudik memastikan penggunanya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Pengguna saat ini diwajibkan untuk menjaga jarak, dilarang berbicara dan lainnya. 

MRT yang berangkat dari arah HI akan diberangkatkan mulai dari dalam tanah atau terowongan rel di dalam tanah. Namun rangkaian akan naik ke rel atas hingga sampai stasiun akhir arah Lebak Bulus Grab. 

MRT Jakarta saat ini beroperasi di 13 stasiun, yaitu Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Bendungan Hilir, Istora Mandiri, Senayan, Asean, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Ciputa Raya, Fatmawati dan Lebak Bulus Grab. 

Menurut dari petugas jadwal operasional MRT saat pendemi ialah hanya sampai pukul 21.01. Adapun harga tarif perjalanan MRT ialah antara Rp3000 hingga Rp14.000 disesuaikan  jauh atau jarak antarstasiun yang akan kita lalui. 

PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menyediakan troli sepeda (bike trolley) non lipat sejak 27 September 1 di Stasiun MRT Bundaran HI. Troli sepeda tersebut tersedia di Ground Level depan lift Entrance B Stasiun MRT Bundaran HI sampai area Platform Stasiun. 

Fasilitas bike trolley hanya dapat digunakan di area stasiun mulai dari Ground Level atau Concourse sampai area Platform Stasiun. Namun, untuk saat ini fasilitas bike trolley hanya tersedia di Stasiun Bundaran HI, Lebak Bulus Grab dan Blok M BCA.(fhm)