Biden Naikkan Standar Jarak Tempuh Kendaraan untuk Lawan Perubahan Iklim

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 21/Des/2021 17:33 WIB
Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. Foto: istimewa. Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintahan presiden AS Joe Biden menaikkan standar jarak tempuh kendaraan untuk mengurangi gas-gas rumah kaca secara signifikan. Upaya itu dinilai sebagai langkah besar untuk melawan perubahan iklim.

Keputusan final yang dikeluarkan pada Senin (20/12/2021) akan menaikkan standar jarak tempuh mobil-mobil keluaran 2023 ke atas, guna mencapai target industri yaitu 40 mil per galon atau 17 kilometer per liter pada 2026.

Baca Juga:
Mengintip Spesifikasi `Benteng Berjalan` Rp 23 Miliar yang Jemput Joe Biden di Bali

Aturan jarak tempuh itu adalah standar emisi gas buang kendaraan yang paling ambisius yang pernah diberlakukan bagi mobil penumpang dan truk kecil.

Target jarak tempuh yang ditetapkan sebelumnya oleh pemerintahan Trump hanya akan mencapai 32 mil per galon atau 13 kilometer per liter pada 2026.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Ajak Joe Biden Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Langkah pemerintahan Biden itu diambil sehari setelah Senator Demokrat Joe Manchin menentang RUU kebijakan sosial dan lingkungan Biden sebesar dua milyar dolar. Sikap Senator Manchin itu mengancam agenda Demokrat dan membuat kesal Gedung Putih. (dn/sumber: voaindonesia.com)