50 Tenaga Bongkar Muat Pelabuhan Cirebon Ikuti PKM Gelaran ITL Trisakti

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Des/2021 09:18 WIB
Peserta PKM di Pelabuhan Cirebon Peserta PKM di Pelabuhan Cirebon


CIREBON (BeritaTrans.com) - KSOP Cirebon dan Pelindo melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui pendanaan Bantuan Hibah Penelitian dampak MBKM dan PKM dari Direktorat Pendidikan Tinggi dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

PKM dilaksanakan di aula Pelindo Pelabuhan Cirebon Selasa dan Rabu (21-22/12/2021).

Baca Juga:
Pelindo Sebut Pelabuhan Lembar Catat Kinerja Positif di 2024

Dengan adanya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan nomor 298 tahun 2020, para SDM di Pelabuhan harus di berikan peningkatan pengetahuan agar mendukung peningkatan kinerjanya dan menciptakan hubungan kerja yang harmonis.

"Melalui Hibah dari Kemenristek Dikti ini, di harapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan Kompetensi  para Tenaga Kerja Bongkar Muat berup pelatihan dan bantuan Alat Pelindung Diri sebagai SOP dalam melaksanakan tugas dan meminimalisir kecelakaan kerja," kata Ketua PKM Simon Gultom, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga:
Bentuk Kepedulian, JPPI Tebar Berkah Ramadhan di Sekitar Perusahaan

Adapun tim Dosen  peneliti Institut Transportasi Logistik (ITL) Trisakti yang turut hadir antara lain: Simon Gultom, Dr.Yosi Pahala, Dr.Aswanti Setyawati, Dr.Sarinah, David Pandapotan Sirait, Ir.Irwan Chairudin. dan Primadi Candra Susanto.

Simon menjelaskan bahwa dengan adanya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan nomor 298 tahun 2020, para SDM di Pelabuhan harus di berikan pengetahuan.

Baca Juga:
Persiapan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

"Hal ini guna meningkatkan kinerjanya dan menciptakan iklim hubungan kerja yang harmonis," ujarnya. (omy)