Menhub Puji Pelabuhan Ketapang: Pengetatan Protokol Kesehatannya Bisa Dicontoh

  • Oleh : Naomy

Minggu, 26/Des/2021 19:59 WIB
Menhub sapa penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi Menhub sapa penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi

 

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kunjungan kerja ke Banyuwangi meninjau Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dan Bandara Blimbingsari. 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Tinjauan tersebut untuk memastikan pengetatan protokol kesehatan di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 diterapkan dengan baik di lapangan.

Menhub mengatakan, di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang telah tersedia pos pengamanan dan pelayanan vaksinasi, serta tes antigen, untuk melayani calon penumpang yang belum melakukan vaksin dosis lengkap dan untuk melakukan pengecekan secara acak. 

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

"Di sini kolaborasi antara Bupati, Forkompinda, Kepolisian, dan unsur terkait lainnya telah berjalan dengan baik. Penanganan mobilitas dan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang bisa menjadi contoh yang baik bagi daerah lainnya," urai Menhub, Ahad (26/12/2021).

Dia mengatakan, pengelolaan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang sangat menentukan pergerakan ke Jawa dan Bali. 

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Menhub mengungkapkan, selama tiga bulan terakhir tidak ada penumpang yang dinyatakan positif di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. 

"Pergerakan penumpang dan barang relatif datar di sini. Sekitar 2.500 kendaraan dan 1.000 penumpang per hari," ucap Menhub.

Namun, dia tetap mengingatkan semua pihak, agar tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan prokes dengan ketat. 

"Penjagaan dilakukan dengan ramah dan humanis, dan harus konsisten dilakukan pengecekan secara acak," tutur Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Sumail menyampaikan apresiasi atas sinergitas kelembagaan di Pelabuhan Ketapang. 

Dia juga menekankan agar Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Ferry tetap memerhatikan kelaikan kapal yang beroperasi  melayani penumpang pada masa libur Nataru. (omy)