Rusia: Peluncuran Roket Angara yang Ketiga Berhasil

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 29/Des/2021 14:01 WIB
Rusia, Senin (28/12/2021), melakukan uji peluncuran ketiga roket ruang angkasa Angara A5 dengan muatan penuh ketika para pejabat memuji potensinya untuk dimanfaatkan oleh program luar angkasa Rusia. Foto: istimewa. Rusia, Senin (28/12/2021), melakukan uji peluncuran ketiga roket ruang angkasa Angara A5 dengan muatan penuh ketika para pejabat memuji potensinya untuk dimanfaatkan oleh program luar angkasa Rusia. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Rusia, Senin (28/12/2021), melakukan uji peluncuran ketiga roket ruang angkasa Angara A5 dengan muatan penuh ketika para pejabat memuji potensinya untuk dimanfaatkan oleh program luar angkasa Rusia.

Roket itu lepas landas pada Senin (28/12/2021) malam dari Kosmodrom Plesetsk di barat laut Rusia.

Baca Juga:
Rusia Kenalkan Pesawat Baru A-50U Mainstay, Mampu Lacak Target Sejauh 2.000 Km di Laut dan Udara

Kepala kosmodrom Nikolay Bashlyaev mengatakan Angara "sekali lagi telah membuktikan keandalannya," yang menunjukkan Angara memiliki "prospek bagus untuk penggunaan di masa depan."

Dua peluncuran Angara A5 sebelumnya dilakukan dari Plesetsk - pada 23 Desember 2014 dan 14 Desember 2020.

Baca Juga:
Pesawat Perang Rusia Tenggelamkan 4 Kapal Militer Ukraina Buatan AS

Peluncuran uji coba pertama yang sukses itu dipuji Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai suatu "pencapaian besar bagi industri roket luar angkasa juga bagi Rusia pada umumnya."

Angara A5 dirancang untuk menggantikan roket pengangkat berat Proton M, akan tetapi pengembangan dan pembuatannya terhambat oleh beberapa penundaan dan masalah teknis. (dn/sumber: voaindonesia.com)

Baca Juga:
Pesawat yang Ditumpangi Bos Tentara Bayaran Rusia Jatuh Melesat Vertikat ke Tanah, Ini Kronologinya!