Esti, Pramugari Bus Rosalia Indah, Sigap Layani Penumpang Perjalanan Madiun-Jakarta

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 01/Janu/2022 00:14 WIB
Pramugari bus Super Top Rosalia Indah, Esti saat berada di pool Bulak Kapal, Bekasi.  Pramugari bus Super Top Rosalia Indah, Esti saat berada di pool Bulak Kapal, Bekasi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perempuan cantik ini harus masuk ke dalam bagasi bus, untuk mengambil atau memindahkan barang bawaan penumpang di pool PO Rosalia Indah Bulak Kapal, Bekasi, Kamis (31/12/2021). 

Esti Dwiyanti adalah pramugari bus PO Rosalia Indah. Selain bekerja melayani penumpang setelah tiba atau hendak naik, dia juga harus mempersiapkan segala kebutuhan sewa yang merupakan pelayanan dari PO tersebut. 

Baca Juga:
Jasa Raharja Berikan Pengobatan Gratis Bagi Pemudik dan Kru Bus di Terminal Bekasi

Capek "Enggak, ya nikmatin saja," ujar Esti selepas selesai menutup bagasi ketika ditanyai BeritaTrans.com dan Aksi.id. 

Wanita 21 tahun ini terlihat sigap dan cekatan membuka atau metutup bagasi bus untuk yang ukurannya cukup besar dari pada ukuran pintu bagasi bus lain. Hal itu padahal kerap kita temui dilakukan oleh laki-laki atau dengan sebutan kenek. 

Baca Juga:
Kru Bus AKAP-AKDP Jalani Tes Urine dan Cek Kesehatan di Terminal Bekasi

Ukuran barang atau paket bawaan penumpang bermacam-macam mampu dia angkat untuk kemudian diambil oleh si pemiliknya. Tampak tas, karung dan kardus dia turunkan dari dalam bagasi untuk ke luar bus. 

Baca Juga:
Kru Bus Tanpa Lelah Bersiaga Jaring Penumpang di Area Keberangkatan Terminal Bekasi

Pelayanan lai yang dia kerjakan antaranya ialah memberikan selimut, bantal dan air minum kepada penumpang. Semua itu ialah servis dari pelayanan dari perusahan bus tersebut. 

"Kerjaannya saat menaik turunkan penumpang.  Butuh selimut, butuh bantal, mau nanyak ini, nanyak itu," cerita Esti. 

Dia juga akan memastikan penumpang terlayani dan tiba di tempat tujuan dengan selamat dan nyaman. 

Bus Rosalia Indah dengan kelas Super Top memiliki pelayanan berbeda penumpangnya dari pada bus Rosalia Indah dengan kelas yang lain. Pelayanan penumpang akan diberikan oleh pramugari yang tugasnya seperti kenek namun tidak sekomplit kenek. 

Warga Solo tersebut mengungkapkan, pekerjaan sebagai pramugari bus dilakukan lebih banyak di jalan. Saat ditemui dia menjadi kru di bus tujuan Madiun arah Cilengsi, Jakarta dan menurunkan beberapa penumpang di Bekasi. 

Untuk libur atau istirahat, Esti bercerita bahwa pramugari akan mendapatkan waktu libur beberapa hari dalam sebulan bekerja, tepatnya empat hari yang bisa kapan saja dia akan ambil atau ajukan kepada perusahaan terlebih dahulu. 

Pada saat libur itulah Esti yang merupakan anak ke dua dari tiga bersaudara ini akan pulang ke rumah yang ada di Solo. "Sebulan empat hari dikasih libur, ya pulang kita ke rumah," katanya. 

Namun, jika tidak libur, Warga Solo ini menceritakan, waktu dan tempat istirahatnya yaitu pada saat pemberhentian terakhir bus tersebut menjalani trayeknya. Misalnya di Jakarta dia akan beristirahat di mess yang ada di Cilengsi. 

Menjadi pramugari, diakuinya dijalani dengan senang dan suka cita, karena bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah dan latar belakang. 

Dia juga senang bisa menikmati hari-hari di jalan melihat suasana kota-kota yang akan dilalui bus Rosalia Indah tersebut. 

"Enak sih juga bisa jalan-jalan, saya kan hobinya traveling," ujar Esti. 

Esti mengungkapkan sudah menjadi pramugari di transportasi darat tersebut selama dua tahun dan akan berjalan menuju tahun ke tiga. Kini bus yang dia awakinya ialah jurusan Jakarta-Madiun dengan kode bus MHD 155.(fahmi)