Peninggian Tanggul di Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa Efektif dari Terjangan Air Rob

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 06/Janu/2022 14:41 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelabuhan Sunda Kelapa yang beberapa minggu yang lalu sempat diterjang rob air laut, kini terlihat peninggian tanggul setinggi 2 meter dan lebar 1,6 meter sedang direalisasikan dari KemenPUPR, KSOP Sunda Kelapa dan Pelindo Regional II Sunda Kelapa, Rabu (5/1/2022). 

Baca Juga:
KSOP Sunda Kelapa Sosialisasi Simkapel

Pantauan BeritaTrans.com melihat tanggul berbentuk kotak panjang tersebut berbahan dasar dari tanah yang dilapisi Gotek (sejenis pelapis dari woll) yang bila terkena air laut akan mengeras. 

Kepala KSOP Sunda Kelapa Chaerul Awaluddin

Baca Juga:
KSOP Sunda Kelapa Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

 

Seperti yang diungkapkan Kepala KSOP Sunda Kelapa Chaerul Awaluddin," Alhamdulillah peninggian tanggul sepanjang 1200 meter dengan tinggi 2 meter dan lebar 1,6 meter sedang dilaksanakan, cukup efektif ketika di Pelabuhan Muara Angke kembali diterjang rob, di sini (Pelabuhan Sunda Kelapa) dermaga kering dan tidak ada genangan atau air rob," ungkapnya saat ditemui BeritaTrans.com kemarin. 

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Gandeng KSOP Gelar Rakornas Bahas Peningkatan Pelayanan dan Penataan Pelabuhan

Seperti diberitakan sebelumnya, KemenPUPR datang langsung untuk melihat dampak banjir di Pelabuhan Sunda Kelapa dan memberikan bantuan berupa tanggul sementara dari karung berisi pasir dan pompa mobile. 

"Sementara itu kelanjutan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) masih dalam proses di Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan mengenai keadaan cuaca masih kondusif dan transportasi kapal logistik masih terus berjalan," tutup Kepala KSOP Sunda Kelapa.(ahmad)