Kapal KM New Hummer Diduga Bocor Nyaris Tenggelam, Arus Lalu Lintas di Pelabuhan Sunda Kelapa Tidak Terggangu

  • Oleh : Ahmad

Senin, 10/Janu/2022 15:25 WIB
Kapal KM New Hummer di Dermaga 01 Pelabuhan Sunda (foto:istimewa/ksopsundakelapa) Kapal KM New Hummer di Dermaga 01 Pelabuhan Sunda (foto:istimewa/ksopsundakelapa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Diduga terjadi kebocoran dengan kemiringan 45 derajat dan nyaris tenggelam pada Kapal KM New Hummer di Dermaga 01 Pelabuhan Sunda, Sabtu (8/1/2022) sore.

Kapal jenis kargo dengan GT 1371 tersebut diawaki 19 ABK (anak buah kapal) dengan muatan kosong/nihil muatan berasal dari Pelabuhan Tanjung Pandan.

Baca Juga:
Kapal Berpenumpang 20 Orang Alami Kebocoran di Perairan Halmahera Timur

Menurut keterangan dari KSOP Sunda Kelapa Chaerul Awaluddin mengakan," Kapal tersebut masuk Pelabuhan Sunda Kelapa pada Sabtu (8/1) sekitar 16.30 WIB, kejadian bermula saat melewati pintu lampu merah hijau kapal tersebut terdorong arus ke kiri dan tersangkut di pondasi rambu lampu suar berwarna merah pintu masuk pelabuhan. Setelah sandar di dermaga 01 tender di kapal KM Buana Mekar, sekira pukul 16.30 kapal mulai miring dan terlihat kebocoran di lambung kiri,".

Baca Juga:
Basarnas Kendari Evakuasi 11 Penumpang Kapal Bocor Tangki BBM di Buton Utara

Kepala KSOP Sunda Kelapa Chaerul Awaluddin


KSOP Sunda Kelapa berkoordinasi dengan Pelindo Regional II Sunda Kelapa dan perusahaan lain untuk melakukan penanggulangan dengan meminta penambahan pompa karena kapal semakin miring, sebelumnya sudah ada tiga pompa alkon dan 1 pompa celup untuk mengeluarkan air keluar dari lambung kapal tersebut.

"Kondisi saat ini kapal KM New Hummer masih, miring sekitar 25 derajat ke kiri dan masih dalam penanganan,". 

Baca Juga:
Kapal Rohingya Bocor, Puluhan Imigran Terdampar di Aceh

"Dengan adanya kebocoran kapal tersebut, arus lalu lintas untuk keluar masuk kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa tidak terganggu," tutup KSOP Sunda Kelapa.(ahmad)