Ini Penjelasan Lengkap Presiden Jokowi yang Gratiskan Vaksin Booster

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 11/Janu/2022 15:00 WIB
Foto: Pernyataan Presiden Jokowi tentang Vaksinasi Dosis Ketiga, Istana Merdeka, Selasa (11/1/2022). (Tangkapan layar youtube Setpres RI) Foto: Pernyataan Presiden Jokowi tentang Vaksinasi Dosis Ketiga, Istana Merdeka, Selasa (11/1/2022). (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta (Beritatrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa program vaksinasi booster Covid-19 akan digratiskan untuk seluruh elemen masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi dalam konferensi pers tentang Vaksinasi Dosis Ketiga di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga:
Presiden Jokowi: Elektabilitas Prabowo dan Gerindra Potensial Teratas, Diungkapkan saat HUT ke-15, Terima Kasih Telah Mendukung Pemerintah

"Saya memutuskan, pemberian vaksin dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan prioritas penerima vaksin booster adalah masyarakat lanjut usia dan kelompok rentan. Adapun syarat yang dibutuhkan bagi penerima booster adalah yang sudah menerima vaksin dua dosis lebih dari 6 bulan.

Baca Juga:
Jokowi Tinjau Pertambangan Freeport: Resmikan 5G Smart Mining hingga Lihat Rumah Ibadah Bawah Tanah

Berikut pernyataan lengkap Jokowi:

Mulai tanggal 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi.

Baca Juga:
Presiden Jokowi: Jangan Ada Lagi Politik Identitas, Politisasi Agama dan Polarisasi di Pemilu

Untuk itu, saya memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi, saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama.

Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Meski sudah divaksin, saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan protokol kesehatan adalah kunci atasi pandemi Covid-19.  (ny/Sumber:CNBCIndonesia)