Ditjen Hubla Berhasil Realisasikan Anggaran Belanja 96,30% di Tahun 2021

  • Oleh : Naomy

Rabu, 12/Janu/2022 08:02 WIB
Plt. Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha Plt. Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut 
Realisasi anggaran belanja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencapai 96,30% dari pagu anggaran, serta Penerimaan PNBP sebesar 109,64% dari target pendapatan di tahun 2021. 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menyampaikannya dalam acara Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021.

Baca Juga:
Kemenhub Bahas Keterbatasan Kuota BBM Subsidi Pada Sektor Transportasi Laut Melalui Rakor

"Besarnya realisasi belanja Tahun Anggaran 2021 ini merupakan prestasi yang membanggakan. Untuk mendapatkan hal tersebut perlu disertai juga dengan proses pertanggungjawaban pengelolaan keuangan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Arif.

Harapannya, melalui proses penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 ini dapat mewujudkan tata kelola keuangan pemerintah yang bersih, transparan dan akuntabel.

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Workshop On The Maritime Single Window

"Diharapkan bagi seluruh Satker agar bersungguh-sungguh  menyusun Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 dan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung dalam bentuk digital (softcopy)," ungkapnya.

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu satker menjadi objek sampling pemeriksaan, minimal sudah siap untuk memberikan dokumen sesuai dengan permintaan BPK.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Upaya Swasembada Daging Nasional Melalui Angkutan Kapal Ternak

Kemenhub juga telah memeroleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan atas Pemeriksaan Laporan Keuangan selama delapan tahun berturut- turut sejak tahun 2013 sampai dengan 2020. 

"Tantangan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang kesembilan kali pada Tahun 2021 merupakan hal yang tidak mudah karena diperlukan kerja keras, komitmen, kolaborasi dan doa dari seluruh penanggungjawab pengelola keuangan mulai dari tingkat Satker hingga Eselon I untuk mempertahankan opini WTP tersebut" ujarnya.

Acara ini turut dihadiri wakil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan; Para Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; baik yang hadir langsung maupun secara virtual/online. (omy)