Cuaca Buruk Bikin Penumpang Kapal Keleleran di Pelabuhan Kalianget

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 13/Janu/2022 08:57 WIB
Ilustrasi Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Foto: istimewa. Ilustrasi Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Foto: istimewa.

SUMENEP (BeritaTrans.com) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Kalianget mengeluarkan surat edaran untuk menunda semua jadwal keberangkatan kapal penumpang. Itu dilakukan akibat cuaca buruk yang melanda di perairan Sumenep sejak Selasa (11/1).

Kepala KSOP Kalianget Supriyanto mengatakan cuaca buruk yang melanda perairan Sumenep diperkirakan terjadi selama 5 hari ke depan. Untuk itu, ia mengimbau kepada operator kapal dan masyarakat untuk waspada dan menunda semua jadwal keberangkatan ke pulau-pulau sekitar.

"Seluruh masyarakat kita yang ada di seluruh kepulauan Sumenep agar waspada selama beberapa hari ke depan kita sudah sampaikan mulai tanggal 11 sampai 15 Januari, supaya kita memperhatikan keadaan cuaca demi keselamatan," kata Supriyanto, Kepala KSOP Kalianget, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga:
Dirjen Hubla Tinjau Kesiapan Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Kalianget

Menurut Supriyanto, jadwal pelayaran akan kembali dibuka setelah cuaca membaik. Sejumlah operator kapal juga telah memberikan konfirmasi penundaan keberangkatan setelah terbitnya surat edaran.

Adapun jadwal kapal yang telah mengkonfirmasi menunda keberangkatannya yakni KM Dharma Bahari Sumekar 1 rute Pelabuhan Kalianget - Pulau Kangen, KM Monggiyano Hulalo rute Kalianget, Kangean - Jangkar Situbondo, KM Setya Kencana rute Pelabuhan Kalianget, Sapudi, Ra'as dan Jangkar Situbondo.

Akibat adanya penundaan itu, puluhan calon penumpang tujuan kepulauan terpaksa harus bertahan di Terminal Penumpang Pelabuhan 3. Para penumpang yang bertahan di pelabuhan dikarenakan tidak mempunyai uang lagi untuk menginap sementara di penginapan setempat.

Salah satu calon penumpang Maimunah mengatakan dirinya sudah sejak hari Jumat berada di pelabuhan. Ia rencananya akan pulang ke Kangean untuk kontrol matanya. Namun hingga saat ini belum mendapatkan kapal yang dengan tujuan ke Kangean.

"Saya mau pulang ke Kangean mau kontrol mata. Saya mulai hari Jumat, tapi karena ndak ada kapal, di sini (pelabuhan) dulu nginep," kata Maimunah. (dn/sumber: detik.com)

Baca Juga:
KM Jaya Makmur Tenggelam di Sumenep, 1 ABK Dilaporkan Hilang