3 Kapal Tanker Meledak di Abu Dhabi Gegara Diserang Drone

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 18/Janu/2022 21:43 WIB


ABU DHABI (BeritaTrans.com) - Serangan drone meledakkan tiga kapal tanker minyak di Abu Dhabi. Serangan itu diduga dikirim pemberontak syiah Houthi di Yaman.

Menyadur CNBC, tiga orang tewas dan enam lainnya terluka dalam serangan yang diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman. Serangan mengakibatkan tiga ledakan kapal tanker di dekat penyimpanan perusahaan minyak negara, ADNOC.

Baca Juga:
Menhub Sebut Abu Dhabi Port Minat Kelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban

Salah satu korban tewas adalah warga Pakistan dan dua lainnya warga negara India, menurut kantor berita negara UEA WAM. Enam orang yang terluka menderita luka ringan dan sedang, mengutip polisi Abu Dhabi.

Kebakaran dimulai Senin sore di kawasan industri Musaffah dan di lokasi konstruksi dekat bandara Internasional Abu Dhabi di ibukota UEA, kata polis. Pihak berwenang yakin serangan itu dilakukan oleh drone.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MT Kristin Surabaya di Pantai Ampenan, Ini Daftar ABK dan Kapten Kapal yang Dievakuasi

“Penyelidikan awal menunjukkan penyebab kebakaran adalah benda terbang kecil, mungkin milik drone, yang jatuh di dua area. Tim dari pihak berwenang telah dikerahkan dan api saat ini sedang dipadamkan,” kata pernyataan polisi.

Patokan perdagangan internasional minyak mentah Brent sekitar $ 85,89 per barel dalam beberapa jam setelah ledakan, turun sekitar 0,2% dari hari sebelumnya.

Baca Juga:
Sesi Kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba, Shaun Torrente Posisi Terdepan

UEA, produsen minyak terbesar ketujuh di dunia yang memompa lebih dari 4 juta barel per hari adalah anggota OPEC penghasil minyak terbesar ketiga dan ADNOC - Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi - mengendalikan operasi minyak di Abu Dhabi, rumah bagi sebagian besar minyak mentah negara bagian itu.

Seorang juru bicara gerakan Houthi Yaman mengatakan militannya meluncurkan operasi militer di wilayah syekh Teluk dan akan mengungkapkan rincian lebih lanjut, menurut Reuters.

UEA sebagian besar menarik diri dari Yaman pada 2019, kira-kira empat tahun dalam perang berdarah yang telah menjerumuskan negara termiskin di Timur Tengah itu ke dalam kelaparan massal dan memicu pertempuran proksi antara Arab Saudi dan musuh regionalnya Iran, yang mendukung Houthi dengan pendanaan dan senjata.

Abu Dhabi masih membawa pengaruh signifikan di antara pasukan Yaman yang telah dipersenjatai dan dilatih untuk memerangi Houthi, yang pada tahun 2014 mengusir pemerintah Yaman yang didukung Saudi yang dipimpin oleh Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi.

Houthi telah melakukan ribuan serangan rudal dan pesawat tak berawak lintas batas ke Arab Saudi pada tahun-tahun sejak Riyadh meluncurkan serangan udara di Yaman, yang telah menewaskan puluhan ribu warga Yaman.