Jembatan Jebengplampitan Rusak Diterjang Banjir Segera Dibangun Berbiaya Rp2,2 Miliar

  • Oleh : Taryani

Kamis, 20/Janu/2022 16:45 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau lokasi pembangunan jembatan Jebengplampitan. (Dok.Humas Jateng) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau lokasi pembangunan jembatan Jebengplampitan. (Dok.Humas Jateng)

BANJARNEGARA (BeritaTrans.com)  – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan,  segera membangun jembatan penghubung Desa Jebenplampitan, Sukoharjo, Kabupaten  Wonosobo dengan Desa Larangan, Pagentan, Kabupaten Banjarnegara yang rusak diterjang banjir akhir 2021.

Hal itu disampaikan gubernur  saat mampir meninjau jembatan tersebut di sela-sela pengecekan program pengentasan kemiskinan ekstrem di Banjarnegara, Rabu (19/1/2022).

Ganjar saat itu sempat mendapat keluhan dari warga. “Pak saya nggendong sayur pak. Susah jembatane rusak,” teriak seorang ibu di Desa Jebengplampitan melihat Ganjar sedang sidak.

“Iya bu ngko ben didandani, panjenengan wis divaksin apa durung,” sahut Ganjar membalas keluhan si ibu.

Ganjar yang didampingi perwakilan pejabat terkait dari Pemkab, kemudian menyesalkan sikap perorangan yang menyebabkan pembangunan jembatan itu batal terealisasi.

“Jadi saya merasa bersalah. Ya wislah  maka saya tanya ini sekarang  saya bantu saya yang bangun mau apa nggak. Kalau mau kita selesaikan,” ujar gubernur.

Ganjar mengatakan, pihaknya segera menyiapkan anggaran pembangunan jembatan  yang diperkirakan mencapai Rp2,2 miliar.

“Udah kita hitung sih ini nggak mahal kok sekitar Rp2,2 miliar. Hitungannya aku ngerti. Jadi 2019 saya ke sini kan kesuwen kasihanlah rakyatnya. Kalau ini bisa kita jadikan prioritas kan kita dorong,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, Ganjar melalui Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya juga mendorong segera menyelesaikan desain bangunan jembatan.

“Ini mungkin permanen  dan dari kantor pemprov sudah kita minta untuk mendesain itu. Maka nanti kita komunikasikan,” ujarnya.

Ganjar akan berupaya secepatnya merealisasikan pembangunan jembatan. Sehingga jembatan yang jadi penghubung dua daerah itu dapat kembali dimanfaatkan masyarakat.

Sementara ini masyarakat yang biasanya menggunakan jembatan itu terpaksa memutar arah dengan jarak yang cukup jauh.

“Mudah-mudahan setelah dari sini  saya minta  Dinas Binamarga segera mendesain biar cepat dibangun,” tandasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Jateng Taj Yasin pada 2019 sempat menengok Jembatan Jebengplampitan  dan berjanji akan segera membangun jembatan tersebut menggunakan APBD TA 2020, atau melalui anggaran pascabencana BNPB.

Namun  pada Musrenbangprov 2019  Bupati Banjarnegara saat itu menolak mengajukan Bankeu Kabupaten/Kota bersumber dari APBD Provinsi Jateng TA 2020.

Pembangunan jembatan belum terealisasi hingga Bupati Banjarnegara di-OTT KPK pada akhir 2021 lalu. (tr/Sumber:Humas Jateng)