Menteri PUPR Minta Perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera Rampung Akhir April 2022

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 22/Janu/2022 06:50 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau kondisi Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat (21/1/2022). (Dok.Kementerian PUPR) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau kondisi Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat (21/1/2022). (Dok.Kementerian PUPR)

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kondisi Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat (21/1/2022).

Jalan Tol Sumatera yang ditinjau di antaanya ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di Provinsi Lampung dan sebagian ruas Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) di Sumatera Selatan.

Menteri Basuki menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku pengelola Jalan Tol untuk fokus pada perbaikan jalan tol yang mengalami kerusakan. Agar standar pelayanan minimal (SPM) Jalan Tol dapat dipenuhi guna menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna Jalan Tol.

"Saya minta perbaikan permanen bisa tuntas pada akhir April 2022. Saya mengingatkan kembali SPM wajib dipenuhi karena masyarakat sudah membayar tarif tol dan harus mendapatkan layanan yang baik,"  kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki seperti dilansir Kementerian PUPR  juga meminta kepada BUJT PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Toll Road agar secepatnya  memperbaiki dan menutup lubang/retakan yang ada di ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung dan ruas Kayu Agung - Palembang - Betung.

Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi. Termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada pada tanah-tanah lunak atau rawa.

Ia menaruh perhatian pada beton pembatas jalan tol yang retak atau turun. Saat ini tengah dilakukan penanganan oleh BUJT.

Antara lain dilakukan dengan perbaikan lapisan perkerasan baru. Dicor kembali dengan beton fast setting. Lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan. Lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

Ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung - hingga Kramasan - Palembang sepanjang 360 km merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi sejak Maret 2019.

Pembangunan tol ini bertujuan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera ke wilayah timur Sumatera.

Dalam tinjauannya tersebut, Menteri Basuki meminta BUJT pengelola rest area KM 234 A  memperbanyak penghijauan  pohon berukuran besar.

Penanaman pohon di rest area selain bertujuan untuk memperindah lingkungan dan lansekap kawasan. Juga bertujuan membuat rest area lebih rindang dan bisa dinikmati masyarakat.

Turut mendampingi kunjungan Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.  Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna. Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan,  Endra S. Atmawidjaja.  

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol,  Danang Parikesit.  Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan, Budiamin.  Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, Maryadi Utama.  Kepala BBPJN Lampung,  Rien Marlina.  

Kepala BBWS Mesuji Sekampung, Alexander Leda.  Direktur Utama PT Hutama Karya,  Budi Harto.  Direktur Operasi III PT Hutama Karya, Koentjoro. Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya, Toll Herwidiakto. (tr/Sumber:Kementeiran PUPR