Ada Penambahan Kereta Jadi Alasan Perlintasan Sebidang Kemayoran Ditutup

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 29/Janu/2022 08:03 WIB
Perlintasan Sebidang Kemayoran. Foto: istimewa. Perlintasan Sebidang Kemayoran. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembangunan Stasiun Manggarai membuat penutupan perlintasan sebidang di Jalan Bungur 17, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kondisi lalu lintas kereta menjelang stasiun jadi ramai.

"Penutupan tersebut dilakukan bertujuan untuk keselamatan dan keamanan bersama serta rencana pengembangan perkeretaapian, kapasitas jumlah kereta pada rangkaian KRL yang melintas dapat ditambah karena peron dapat diperpanjang sehingga dapat mengakomodir lebih banyak masyarakat yang akan beraktifitas menggunakan publik transport," ujar Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI, kepada media, Jumat (28/1/2022).

Adapun penutupan perlintasan kereta akan dilakukan bersama beberapa stakeholders.

Baca Juga:
Kereta Api Tertabrak Angkot di Wonoasri Madiun

"Terkait penutupan (lintasan kereta api) tersebut akan dilakukan bersama KAI, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kota," tambahnya.

Akibat adanya penutupan perlintasan tersebut, warga setempat besar kemungkinan tidak akan bisa melintas seperti biasanya. Pihak KAI bersama Dishub akan memberikan solusi serta melakukan rekayasa lalu lintas.

"Terkait solusi untuk masyarakat tentunya sudah di bahas bersama jalan untuk kendaraan juga akan dilakukan pengaturan rekayasa atau pengalihan lalu lintas oleh Dishub," terang Eva.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Kawasan KAI Divre I Sumut Tembus 11.000 Penumpang

Adapun, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berencana akan membangun JPO sementara yang bisa digunakan oleh pejalan kaki.

"Kedepannya juga akan dibuatkan jembatan penyebrangan di lokasi tersebut oleh DJKA Kemenhub sebelum fasilitas dibuat sementara waktu untuk pejalan kaki masih dapat melintas kecuali kendaraan," tutup Eva.

Uji Coba 1 Februari
Uji coba penutupan perintasan sebidang akan dilakukan pada 1 Februari 2022. Akan ada evaluasi tiap pekan saat uji coba tersebut.

"Dari Kemenhub Direktorat Perkeretaapian mau melakukan uji coba penutupan di pintu perlintasan kereta, itu baru uji coba bukan ditutup, yang akan dilakukan 1 Februari," kata Asisten Perekonomian Pembangunan (Asekbang) Jakpus, Bakwan Ferizan Ginting, saat dihubungi, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga:
KAI Luncurkan Film ``Ruang Tunggu`` di Momen Lebaran

Ginting mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Dia mengatakan banyak masyarakat yang bertanya dampak dari penutupan tersebut.

"Kemarin sosialisasi ke masyarakat sebenarnya pasti mereka mempertanyakan seperti apa dampaknya, tapi ini kan belum bisa kita katakan secara jelas akan seperti apa. Ini nanti diuji coba dulu, seperti apa dampak yang terjadi sehingga dicarikan alternatifnya," katanya. (dn/sumber: detik.com)