Jelang Libur Imlek Jumlah Penumpang KRL Berkurang 17%

  • Oleh : Fahmi

Senin, 31/Janu/2022 14:46 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Di penghujung Januari hari ini Senin (31/1/2022) pengguna KRL di seluruh stasiun hingga pukul 08.00 WIB tercatat mencapai 126.725 orang atau berkurang 17% dibanding pekan sebelumnya pada waktu yang sama yaitu 151.080 orang. Hal ini disampaikan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. 

Dijelaskan, menurut pantauan di sejumlah stasiun, sebagian besar volume pengguna berkurang dibanding pekan lalu. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Stasiun Bojonggede misalnya, yang pekan lalu mencatat ada 11.713 pengguna, hingga pagi ini hanya tercatat 10.194 pengguna atau berkurang 13%. Sementara itu di Stasiun Bekasi pada pekan lalu ada 9.384 pengguna, hingga pagi ini tercatat 7.669 pengguna atau berkurang 19%," kata Anne dalam keterangan resminya, Senin. 

Penumpang KRL yang mayoritas merupakan pekerja diperkirakan hari ini sebagian bekerja dari rumah sehingga volume pengguna turun. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Selain itu, hari libur nasional Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa (1/2) besok juga membuat sebagian pengguna KRL meneruskan akhir pekan dengan berkegiatan di rumah saja. KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan per hari yang dimulai pukul 04.00-22.00 WIB. 

"Pengguna diminta disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan saat tiba di stasiun dan berada di dalam KRL. Persiapkan sertifikat vaksin baik dalam bentuk digital maupun cetak untuk diperlihatkan ke petugas di stasiun," kata Anne. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL. Gunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan cashless society. (Fhm)