Jelang Diresmikan Presiden, Menhub Tinjau 7 Pelabuhan Penyeberangan Di Kawasan Pariwisata Danau Toba

  • Oleh : Naomy

Senin, 31/Janu/2022 21:10 WIB
Menhub dan jajaran di salah satu Pelabuhan penyeberangan di Danau Toba Menhub dan jajaran di salah satu Pelabuhan penyeberangan di Danau Toba

 

TOBA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan yang telah dibangun Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Senin (31/1/2022).

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Beberapa pelabuhan yang ditinjau direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (2/2/2022).

Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di tujuh Kabupaten di Sumut guna mendukung KSPN Danau Toba.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

Di antaranya Kabupaten Toba (empat Pelabuhan), Kab. Samosir (empat Pelabuhan), Kab. Simalungun (satu Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (satu Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (satu Pelabuhan), Kab. Karo (satu Pelabuhan), dan Kab. Dairi (satu Pelabuhan).

"Sebanyak tujuh Pelabuhan di antaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan," ungkap Menhub.

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo). 

Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba).

Pada tinjauan hari ini, dengan menggunakan kapal penyeberangan, Menhub meninjau tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden yakni Ajibata, Simanindo, dan Tigaras. Serta satu pelabuhan yang masih dalam pembangunan yakni Ambarita.

“Hari ini saya mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya. Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” urainya.

Menhub menambahkan, pelabuhan-pelabuhan penyeberangan ini dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. 

"Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya," imbuh dia.

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan. 

Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu Dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

Hari ini selain meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan, Menhub juga meninjau Bandara Sibisa yang berada di Kabupten Toba. 

Lokasi Bandara Sibisa sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba. Keberadaan Bandara Sibisa akan berbagi peran dengan Bandara Silangit. 

Besok (1/2/2022), direncanakan Menhub akan meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan lainnya yang akan diresmikan yaitu Baktiraja, Muara, dan Balige dengan menggunakan helikopter. 

Dia juga akan meninjau kesiapan kegiatan peresmian tujuh pelabuhan dan empat kapal penyeberangan yang akan dipusatkan di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba.

Turut hadir mendampingi Menhub pada tinjauannya hari ini Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Pelabuhan Junaidi, Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah Sumatera Utara Batara, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (omy)