Kongesti di Pelabuhan Menyebar di Lebih Banyak Gerbang Impor Amerika

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 01/Feb/2022 00:11 WIB
Pelabuhan Charleston Carolina Selatan mengatakan cadangan di sana bisa memakan waktu enam minggu untuk dibersihkan.  FOTO: BERITA LUKE SHARRETT/BLOOMBERG Pelabuhan Charleston Carolina Selatan mengatakan cadangan di sana bisa memakan waktu enam minggu untuk dibersihkan. FOTO: BERITA LUKE SHARRETT/BLOOMBERG

CALIFORNIA (BeritaTrans.com) - Kemacetan Atau kongesti di pelabuhan menyebar ke seluruh negeri, mengancam untuk memperpanjang penundaan pengiriman dan menaikkan biaya bagi importir yang ingin mengatasi kemacetan di kompleks gerbang besar California Selatan.

Kapal peti kemas mundur dari garis pantai dari Oakland, California, ke Charleston, S.C., karena rekor arus kotak masuk dan keluar negara yang dikombinasikan dengan kekurangan pekerja yang dipicu oleh varian Omicron yang menyebar cepat dari Covid-19.

Baca Juga:
Ditjen Hubla, Dit KPLP Melalui Pangkalan PLP Tanjung Priok Bantu Pengamanan Kongres Gerakan Pemuda Ansor di Kapal Pelni KM Kelud

“Sangat frustasi menjadi importir sekarang,” kata Nathan Strang, direktur manajemen jalur perdagangan laut di Flexport Inc., sebuah perusahaan pengiriman barang yang berbasis di San Francisco. “Semua orang ingin menemukan katup pelepas dan semua katup pelepas telah terpasang.”

Cadangan kapal yang mengganggu pelabuhan AS selama pandemi terutama terkonsentrasi di sepanjang Pantai Barat. Niels Madsen, wakil presiden operasi di Sea-Intelligence ApS yang berbasis di Denmark, mengatakan peningkatan cadangan di pelabuhan Pantai Timur menunjukkan kemacetan memburuk di sana.

Baca Juga:
IPC TPK Beri Pembekalan dan Pelatihan Kepada 50 Kader PKK dan IRT di Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok

Waktu tunggu rata-rata untuk berlabuh di gerbang Pantai Timur tersibuk, Pelabuhan New York dan New Jersey, diperpanjang menjadi 4,2 hari minggu lalu, menurut data pelabuhan, naik dari 1,6 hari Januari lalu. Di Pelabuhan Charleston pada hari Kamis, cadangan 19 kapal kontainer sedang menunggu di lepas pantai untuk berlabuh.

Pejabat pelabuhan New Jersey mengatakan kemacetannya disebabkan, sebagian, oleh ketidakhadiran pekerja terkait Covid-19. Pejabat Charleston mengatakan cadangan mereka terutama karena lonjakan impor yang telah menyumbat terminal, meninggalkan ruang terbatas untuk membongkar peti kemas masuk.

Baca Juga:
Apel Latihan Bersama National Marpolex 2023 Dibuka di Pelabuhan Tanjung Priok

Jumlah peti kemas yang menunggu lebih dari 15 hari untuk diambil di Charleston, gerbang terbesar kedelapan di negara itu untuk impor peti kemas, melebihi 7.000 kotak minggu lalu, meningkat 40% dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, menurut perusahaan analitik rantai pasokan project44. Pejabat Charleston mengatakan butuh enam minggu untuk menyelesaikan backlog.

Pelabuhan Savannah Georgia mengatakan bulan ini telah menyelesaikan backlog yang telah berkembang menjadi lebih dari 20 kapal akhir tahun lalu. Pelabuhan tersebut membuka tempat penyimpanan peti kemas baru, termasuk fasilitas “munculan” sementara, untuk memberi ruang di terminal untuk menangani peti, kata Griff Lynch, direktur eksekutif Otoritas Pelabuhan Georgia, yang mengoperasikan pelabuhan Savannah.

Pelabuhan di Pantai Barat juga mengalami kesulitan. Di Pelabuhan Oakland pada hari Kamis, 15 kapal menunggu untuk berlabuh. Pejabat pelabuhan di sana mengaitkan cadangan tersebut dengan ribuan peti kemas kosong yang telah memenuhi terminal saat mereka menunggu kembali ke Asia.

Pelabuhan Los Angeles dan Long Beach, yang merupakan kompleks pelabuhan peti kemas tersibuk di negara itu, telah berjuang untuk menangani rekor arus peti kemas selama lebih dari setahun. Antrian kapal yang menunggu untuk memasuki pelabuhan tetap sekitar 100 kapal selama hampir dua bulan meskipun pelabuhan dan administrasi Biden berusaha untuk menyelesaikan backlog. Pihak berwenang di sana mengatakan sekitar 800 pekerja dok, atau sekitar 10% dari kru penanganan, tidak tersedia karena alasan terkait Covid pada satu titik awal bulan ini.

Volume impor gabungan di pelabuhan California Selatan bulan lalu merosot ke level terendah dalam 18 bulan karena terminal pelabuhan, pengemudi truk dan gudang berjuang untuk memindahkan kotak ke pedalaman.

Peter Sand, kepala analis di Xeneta, sebuah perusahaan data transportasi yang berbasis di Norwegia, mengatakan kemacetan mengikat kapasitas pengiriman dan berkontribusi pada kenaikan tarif laut. Tarif spot dasar untuk mengirimkan kontainer 40 kaki dari Timur Jauh ke pelabuhan AS mencapai tingkat pandemi tertinggi bulan ini, menurut Xeneta.

Tarif rata-rata ke Pantai Timur adalah sekitar $12.000, naik dari $3.000 dua tahun lalu. Tarif ke Pantai Barat adalah sekitar $8.500, meningkat sekitar 467% dari Januari 2020.

Sumber: wsj.com