Bikin Sport Jantung! Pesawat Airbus A321neo British Airways Sempat Batalkan Pendaratan di Detik-Detik Terakhir Gegara Angin Kencang

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 03/Feb/2022 22:50 WIB


LONDON (BeritaTrans.com) - Momen menegangkan pendaratan  pesawat penumpang di Bandara Heathrow, London, Inggris, terekam kamera.

Pilot pesawat British Airways membatalkan penerbangan pada detik-detik terakhir saat pesawat kesulitan mendarat karena angin kencang.

Baca Juga:
Akibat Delay, Penumpang Kepanasan di Dalam Pesawat `Serasa Neraka`

Seperti dilansir CNN, Rabu (2/2/2022), insiden ini melanda sebuah pesawat maskapai British Airways dengan nomor penerbangan 1307 dengan rute Aberdeen-London pada Senin (31/1) waktu setempat.

Penerbangan berdurasi 80 menit itu diakhiri dengan pendaratan yang tidak mulus di Bandara Heathrow.

Baca Juga:
British Airways Rekrutmen Besar-Besaran: Tebar Bonus untuk Kru Kabin hingga Sopir Bus

Rekaman video menunjukkan pesawat jenis Airbus A321neo itu tampak diterpa angin kencang saat mendekati landasan.

Pesawat sempat menyentuh landasan namun dengan hanya satu roda, sebelum tiba-tiba kembali terangkat ke udara dan turun kembali, lalu sedikit condong ke arah kiri, dengan bagian ekor pesawat sempat menghantam landasan.

Baca Juga:
British Airways Terima Pesawat Kesebelas A350-1000

Dalam situasi itu, pilot pesawat membatalkan pendaratan pada detik-detik akhir untuk terbang berputar dan kembali memposisikan pesawat untuk upaya pendaratan kedua yang berhasil dilakukan dengan aman.

Jerry Dyer yang merekam pendaratan menegangkan itu, menuturkan kepada CNN bahwa peristiwa itu 'menunjukkan betapa terampilnya sang pilot'. Dyer diketahui kerap merekam momen pendaratan dan lepas landas pesawat di Bandara Heathrow untuk channel YouTube-nya yang bernama Big Het TV.

Situs pelacakan penerbangan menyebut pesawat mendekat daratan dengan kecepatan 225 kilometer per jam sebelum siang hari, namun kembali naik tajam ke ketinggian 1.173 meter dalam empat menit. Pesawat itu berhasil mendarat pada upaya kedua sekitar 16 menit kemudian.