Swab Acak di Terminal Bekasi, 4 Orang Reaktif

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 05/Feb/2022 13:31 WIB
Tes Swab Antigen di Terminal Bekasi menyasar penulpang bus dan masyarakat, Sabtu (5/2/2022) Tes Swab Antigen di Terminal Bekasi menyasar penulpang bus dan masyarakat, Sabtu (5/2/2022)

BEKASI (BeritaTrans.com) - Di Terminal Kota Bekasi, Jawa Barat ditemukan empat orang reaktif berdasarkan swab antigen. 

Tes sebelumya dilakukan secara acak oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bekasi Kota. Dari hasil tes kepada 10 orang yang biasa beraktivitas di terminal tersebut pada Sabtu (5/2/2022). 

Baca Juga:
Bus Rombongan Sekolah di Sidoarjo Kecelakaan di Tol Ngawi, Satu Guru Meninggal

"Total ada 10 orang yang dilakukan secara acak, didapati ada empat orang yang reaktif berdasarkan Swab Antigen," ujar Kabag Ops Polres Metro Bekasi Kompol Agus Rohmat di lokasi. 

Ke-empat orang yang dinyatakan reaktif tersebut tiga diantaranya akan dilakukan tes PCR, jika ditemukan lagi hasil positif Covid-19 maka ke-tiganya akan dilakukan karantina di pusat karantina Kota Bekasi, yaitu Stadion Candrabhaga. Sedangkan satu orang lagi yang merupakan calon penumpang bus, dipulangkan kembali dan akan melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya. 

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

Pelacakan Covid-19 di tersebut menyasar kepada orang-orang yang sehari hari beraktivitas di terminal tersebut, baik itu pengamen, pedagang, tuna wisma, penumpang, kru bus dan petugas tiketing bus. 

Terkait ditemukannya orang yang reaktif, Agus mengatakan pihaknya akan melakukan penegakan protokol kesehatan dan menambah lagi tes acak di terminal tersebut. 

Baca Juga:
Naik TransJabodetabek Bekasi-Jakarta, Penuh Juga Hari Jumat Pagi

Kompol Agus juga mengatakan, operasional terminal saat ini masih berjalan seperti biasanya. Pihaknya sedang menunggu arahan atasannya terkait masalah adanya masyarakat yang dinyatakan reaktif tersebut. 

Tidak hanya melakukan Swab Antigen secara acak, Satgas Covid-19 Kota Bekasi, juga melaksanakan penegakan protokol kesehatan, memberi imbauan terkait protokol kesehatan, pembagian masker kepada masyarakat yang beraktivitas di terminal tersebut. 

Masyarakat di situ dan penumpang juga menyambut baik mengenai pelacakan Covid-19. "Kalau ada tes begini kan kita jadi tahu, jadi lebih waspada dan taat protokol kesehatan," ujar Cerecosta. 

Cerecosta juga mengaku terkejut lantaran orang yang positif adalah orang yang dia kenal. Namun dirinya juga merasa beruntung karena dinyatakan non rekatif. 

Adapun calon penumpang juga mengatakan dirinya merasa terbantu karena ada tes tersebut. "Lumayan di sini bisa tes, kan sebagai syarat juga nanti di perjalanan," ujar Muhammad Alhakim Amrullah di lokasi. 

Satgas Covid-19 Bekasi Kota yang terjun ke terminal yaitu terdiri dari Polres Bekasi Kota, Kodim Kota Bekasi, Dinas Kesehatan, Satpol-PP dan Dishub Kota Bekasi.(fhm/dan)