Jelang Kembali Operasional Komersil, Pesawat Transnusa Sukses Mendarat di Bandara YIA

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 05/Feb/2022 16:39 WIB
Pesawat Transnusa di Bandara YIA Pesawat Transnusa di Bandara YIA

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebagai persiapan beroperasinya kembali penerbangan Transnusa, Kamis (3/2/2022), maskapai Transnusa melakukan proving flight dengan rute Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Transnusa gunakan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA dengan nomor penerbangan 8B 532 Penerbangan proving flight tersebut sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 09.40 WIB setelah menjalani penerbangan selama satu Jam 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Tiket Penerbangan Internasional Akan Naik 5 Persen?

Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK) pada pukul 10.20 WIB dan mendarat di CGK pada pukul 11.45 WIB.  

Seperti diketahui, proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai dalam mengoperasikan pesawat udara di sejumlah rute yang diterbangi dan merupakan bagian dari proses re-sertifikasi assessment dalam pemberian AOC (Air Operator Certificate) sebelum melakukan penerbangan komersial. 

Baca Juga:
INACA: Dampak Keterbatasan Jumlah Pesawat, Target Penumpang Tahun 2023 Tidak Tercapai

"Proving flight kali ini dipimpin oleh Capt. Rio Charles Martinez yang didampingi Capt Pindonta Tarigan beserta awak kabin, serta pihak terkait dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) sebagai assessor," jelas Direktur Utama Transnusa Bayu Sutanto, Sabtu (5/2/2022).

Kesuksesan proving flight ini merupakan milestone dari proses re-sertifikasi AOC sebelum akhirnya Transnusa beroperasi kembali dengan armada pesawat dan rute-rute yang baru.

Baca Juga:
Tingkatkan Keselamatan Penerbangan, INACA dan Airbus Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi Pilot

Ditambahkannya, setelah proving flight dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke BAndara Yogyakarta International Airort (YIA), akan dilanjutkan proving flight ke Bandara Eltari Kupang (KOE) serta bandara - bandara lainnya.

Seperti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS) dan Bandara Internasional Juanda Surabaya (SUB).
"Diharapkan setelah melakukan proving flight selama lima hari dengan baik dan setelah melengkapi dokumentasi, AOC baru akan diterbitkan oleh Direktorat Jendaral Perhubungan Udara Kemenhub," ungkapnya.

Dengan begitu,  Transnusa bisa segera melakukan operasi penerbangan komersial dengan armada pesawat Airbus A320 sebanyak tiga
tiga unit. (omy)