Alasan PO Bus Minta Bodi dengan Pintu di Tengah

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 06/Feb/2022 08:12 WIB
Bus Sumatera di Terminal Bekasi. Foto: BeritaTrans.com. Bus Sumatera di Terminal Bekasi. Foto: BeritaTrans.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PO bus bisa memesan bodi untuk armadanya ke karoseri. Karoseri sendiri menerima berbagai permintaan dari customer, salah satunya adalah penempatan pintu penumpang belakang.

Pada umumnya, posisi pintu belakang posisinya di sebelah as roda belakang, tetapi bisa juga dibuat di bagian tengah. Permintaan seperti ini bisa diwujudkan jika sasis yang digunakan adalah model space frame atau bogey.

Baca Juga:
PO Rosalia Indah Tambah Lagi Bus Tingkat dari Karoseri Adiputro

Misalnya seperti bus baru PO Rosalia Indah yang rilis dari Karoseri Adiputro. Delapan bus yang rilis menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626, dipasang ke bodi jetbus 3+ MHD dan posisi pintunya di tengah.

Lalu apa alasan customer mau membuat bodi bus yang posisi pintunya ada di tengah?

Baca Juga:
Ini 8 Karoseri Bus Terbaik Paling Terkenal di Indonesia hingga Luar Negeri

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, biasanya customer minta posisi pintu tergantung dari letak toilet yang ada di kabin.

“Tergantung kalau toilet belakang ya pakai pintu belakang, kalau toilet tengah ya pakai pintu tengah,” kata Yohan kepada wartawan, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga:
Desain Bus-bus Indonesia Dikagumi Dunia, Sampai Di-Copy Paste Negara Lain

Menurut Yohan, posisi toilet yang ada di tengah membuat kabin tidak terlalu bau. Hal ini dikarenakan posisi toiletnya yang lebih rendah dari kabin dan pintunya yang tidak langsung mengarah ke bangku penumpang.

Selain itu, Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana mengatakan, toilet yang ada di tengah kabin lebih menghemat ruang, sehingga bangku penumpang yang dipasang bisa lebih banyak daripada posisi toilet di belakang.

“Toilet tengah kalau di Laksana hanya memakan space 1 row seat saja, bukan 2 row seperti toilet belakang,” kata Werry. (dn/sumber: kompas.com)