Boeing 777X akan Dipamerkan dan Demo di Singapore Airshow

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Feb/2022 05:29 WIB


SINGAPURA (BeritaTrans.com) Boeing akan memamerkan 777X di Singapore Airshow bulan ini dalam debutnya di Asia. Raksasa kedirgantaraan itu akan melakukan uji terbang 777X di Singapore Airshow 2022 sebagai bagian dari portofolio pameran beragam layanan komersial, pertahanan, dan dukungan.

Boeing 777X akan memulai debutnya di Asia di Singapura
Boeing telah menerbangkan 777-9 ke Singapura sebagai persiapan untuk uji terbang di Singapore Airshow 2022. Pesawat yang melakukan penerbangan pertamanya pada Januari 2020, akan melakukan debutnya di Asia sekitar minggu depan.

Baca Juga:
Singapore Airlines Pesan 22 Mesin Boeing 777X ke General Electric

Menurut Boeing,

“Selama pertunjukan, pesawat uji terbang Boeing 777X akan melakukan debutnya di Asia, mendemonstrasikan manuver udara yang menampilkan sayap komposit serat karbon baru dan mesin GE9X yang senyap.”

Singapore Airshow 2022, yang akan diadakan di Changi Exhibition Centre, dimulai pada hari Selasa, 15 Februari, dan berakhir pada hari Jumat, 18 Februari. Pertunjukan tersebut mengklaim sebagai yang terbesar di Asia, meskipun Dubai Airshow telah mempermasalahkannya.

Baca Juga:
Berpaling dari Airbus A350F, Qatar Airways Borong 50 Pesawat Kargo Boeing 777X

Alex Feldman, presiden Boeing Asia Tenggara, mengatakan,

“Kami berharap dapat berkumpul dengan rekan-rekan industri kami di Singapura, untuk mendukung pemulihan penerbangan di kawasan Asia Tenggara, karena memberikan kami kesempatan untuk terlibat dengan pelanggan, pejabat pemerintah, mitra, pemasok, media, dan pemangku kepentingan lainnya dari kawasan. Kami akan menyoroti investasi dan komitmen kami pada teknologi, inovasi, dan keberlanjutan, membangun fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang industri kedirgantaraan."

Baca Juga:
FAA Belum Siap Sertifikasi Boeing 777X Sebelum Tahun 2023

Pameran Boeing yang luas
Bersamaan dengan demonstrasi 777X, pameran Boeing's Singapore Airshow 2022 akan menampilkan banyak penawaran menarik lainnya dari perusahaan. Pesawat yang akan ditampilkan termasuk F-15, P-8 Poseidon dan T-7A Advanced Pilot Training System. Selain itu, Boeing akan memamerkan pengembangan teknologi otonomnya, termasuk Boeing Airpower Teaming System.

FAA Soal Sertfikasi

Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) AS mengatakan kepada Boeing Co. bahwa pesawat jenis 777X belum siap untuk mendapatkan sertifikasi dan memperingatkan "secara realistis" FAA tidak akan menyertifikasi pesawat itu hingga pertengahan atau akhir 2023.

FAA dalam sebuah surat tertanggal 13 Mei 2021, yang dilihat Reuters, menyebut beberapa isu dalam menolak permintaan Boeing untuk mengeluarkan Type Inspection Authorization (TIA) Readiness.

"Pesawat itu belum siap untuk TIA," tulis FAA, menolak untuk menyetujui "TIA bertahap dengan cakupan terbatas dengan beberapa rencana uji terbang sertifikasi."

Surat itu, yang sebelumnya belum diketahui publik, menyebut beberapa keprihatinan mengenai minimnya data dan minimnya penilaian keamanan awal untuk ditinjau FAA.

"FAA tidak akan menyetujui pesawat apapun apabila tidak memenuhi standar keselamatan dan sertifikasi," kata instansi itu dalam pernyataan Minggu (27/6/2021).

Boeing telah mengembangkan jet versi baru dari jenis 777 yang populer itu sejak 2013 dan tadinya diperkirakan akan meluncurkannya pada 2020.

Seorang juru bicara Boeing mengatakan pada Minggu (27/6) bahwa perusahaan itu "tetap fokus pada keselamatan sebagai prioritas utama kami selama pengembangan 777X. Sementara pesawat itu menjalani program tes komprehensif untuk menjamin keamanan dan keandalan, kami melakukan proses pengembangan yang teliti untuk memastikan kami memenuhi semua persyaratan yang diperlukan."

Boeing 777X akan menjadi jet besar pertama yang disertifikasi sejak gangguan piranti lunak dalam dua pesawat Boeing 737 MAX mengalami kecelakaan fatal. Kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia itu menewaskan 346 orang pada 2018 dan 2019.

 

 

Tags :