DHL Global Forwarding dan Air France KLM Martinair Cargo Sepakat Pembelian 33 Juta Liter Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF)

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Feb/2022 20:14 WIB


BONN (BeritaTrans.com) - DHL Global Forwarding dan Air France KLM Martinair Cargo (AFKLMP) telah bekerja sama dalam pembelian 33 juta liter sustainable aviation fuel (SAF) atau bahan bakar penerbangan berkelanjutan.

Para mitra mengatakan kerja sama tiga tahun tersebut merupakan salah satu "pembelian SAF paling signifikan dalam industri pengiriman barang".

Baca Juga:
Susul CMA CGM, Maersk Terjun ke Kargo Udara, Beli 2 Pesawat Boeing 777

DHL telah berkomitmen untuk memenuhi setidaknya 30% dari kebutuhan bahan bakar udara dan laut dengan bahan bakar berkelanjutan pada tahun 2030.

Pelanggan forwarder akan dapat mengakses SAF melalui sistem 'book and claim'; saat membeli layanan DHL, mereka dapat memilih opsi berkelanjutan.

Baca Juga:
Gegara Dakwaan Kartel Kargo Udara, 11 Maskapai Penerbangan Kena Denda 730 Juta Euro

Pengurangan emisi terkait akan dikreditkan ke akun mereka.

“Karena hampir tidak mungkin secara teknis dan logistik untuk secara fisik melacak SAF dari produksi ke pesawat, ‘book & claim’ menawarkan sistem akuntansi digital untuk melacak dan mentransfer pengurangan emisi dari bahan bakar berkelanjutan di seluruh rantai nilai,” kata para mitra.

Baca Juga:
Berkat Kargo, Singapore Airlines Raih Laba 62,8 Juta Dolar AS

“Perusahaan dapat memiliki SAF dengan membeli dan menjualnya tanpa secara fisik menelusuri bahan bakar melalui rantai pasokan. Ini membuat SAF dapat diakses oleh perusahaan dari semua ukuran dan lokasi.”

Adriaan den Heijer, wakil presiden eksekutif, Air France KLM Cargo dan direktur pelaksana Martinair, mengatakan: “Tim Air France KLM Martinair Cargo sangat berkomitmen dan merasa bertanggung jawab untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi industri kami.

“Kesepakatan ini adalah peluang besar untuk mempercepat upaya keberlanjutan bersama kami. Bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) memiliki banyak potensi untuk mengurangi emisi CO2 dan kami senang dapat berkolaborasi dengan mitra jangka panjang kami yang kuat DHL Global Forwarding dalam perjalanan menuju logistik dan transportasi yang lebih hijau di tahun-tahun mendatang.”

Untuk DHL, inisiatif ini merupakan bagian dari keseluruhan Deutesche Post DHL Group Sustainability Roadmap, yang bertujuan untuk menghabiskan €7bn untuk teknologi hijau pada tahun 2030 dan mengurangi semua emisi terkait logistik menjadi nol pada tahun 2050.

Tim Scharwath, chief executive, DHL Global Forwarding, Freight, menambahkan: “Dengan Sustainability Roadmap kami, kami telah menetapkan tujuan ambisius dalam perjalanan kami menuju nol emisi. Bahan bakar berkelanjutan adalah bagian mendasar dari upaya kami.