Dukung Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, Mulai Dibangun Stadion Multifungsi Indoor di Jakarta

  • Oleh : Taryani

Rabu, 09/Feb/2022 13:06 WIB
Desain pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion multifungsi di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK). (Foto:Dok.Kementerian PUPR) Desain pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion multifungsi di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK). (Foto:Dok.Kementerian PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Desember 2021 telah memulai pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion multifungsi di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Provinsi DKI Jakarta.

Pembangunan IMS itu  guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Progres konstruksi stadion hingga akhir Januari 2022 sudah mencapai 4,0% atau lebih cepat dari rencana sebesar 0,8%  dengan target rampung Juni 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan,  dukungan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga menjadi bagian dari upaya pembinaan atlet untuk berprestasi di tingkat internasional.

“Insya Allah dengan prasarana yang baik dan semangat berlatih yang tinggi akan memberikan hasil seperti yang kita harapkan,” kata Menteri Basuki.

Stadion indoor dibangun di atas lahan seluas 30.720 m2 dan luas tapak bangunan 20.852,79 m2. Fungsi utama sebagai Lapangan Basket yang memiliki 1 FOP dan 2 lapangan latihan.

Lokasi stadion indoor berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks GBK dengan kapasitas menampung 16.088 penonton.

Pembangunan stadion ini dilaksanakan melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 - 2023 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya - PT Nindya Karya - PT Penta (KSO).

Pekerjaannya meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan.

Selain itu, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, dan pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Secara desain, konstruksi stadion indoor terdiri dari 4 lantai tribun. Dilengkapi atap space frame. Saat ini tengah dilakukan pekerjaan pondasi bore pile dan tiang pancang sebanyak 395 titik bore pile dan 41 titik tiang pancang.

Dibangunannya stadion indoor ini karena Indonesia telah terpilih menjadi co-host Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama  dua negara lainnya, yaitu Jepang dan Filipina.

Selain untuk olahraga basket, stadion indoor tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai lapangan voli, badminton, tinju, MMA, tenis, atletik, serta fungsi non olahraga lainnya seperti konser, seminar dan pertunjukan khusus lainnya. (tr/Sumber:Kementerian PUPR)