Gubernur Ganjar Temui Warga Desa Wadas, Pesan Jaga Kerukunan

  • Oleh : Taryani

Kamis, 10/Feb/2022 09:46 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berdialog dengan warga Desa Wadas. (Foto:Diskominfo Jateng) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berdialog dengan warga Desa Wadas. (Foto:Diskominfo Jateng)

PURWOREJO (BeritaTrans.com)  – Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo guna melakukan dialog dengan masyarakat, Rabu (9/2/2022).

Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo  menurut rencana akan dibangun Bendungan Bener.

Oleh karena itu akan dilakukan pengukuran luas tanah untuk menghitung ganti rugi tanaman yang tumbuh.

Namun proses pengukuran itu ditanggapi pro dan kontra di masyarakat setempat sehingga sempat menimbulkan kegaduhan di lokasi.

Situasi di Wadas nampak tenang saat Ganjar tiba di lokasi. Tidak terlihat ketegangan atau suasana mencekam.

Di sejumlah titik, terlihat aparat kepolisian yang mayoritas polisi wanita (Polwan), berjaga-jaga dan berbaur dengan masyarakat.

Ganjar kemudian berhenti di Masjid Desa Wadas. Di sana, ia bertemu sejumlah masyarakat yang masuk kelompok pro dengan penambangan batu andesit di wilayahnya.

“Assalamu’alaikum, sehat bu? Sampun divaksin dereng (sudah divaksin belum)?” kata Ganjar pada sejumlah warga.

Warga menyambut Ganjar dengan ramah. Ganjar menanyakan proses pengukuran yang dilakukan di lokasi itu.

“Iya pak, sudah diukur. Punya saya hari ini mulai diukur,” kata Rodiyah, salah satu warga.

Rodiyah mengatakan, pihaknya merupakan warga yang pro dengan penambangan. Warga yang sudah setuju, berharap agar proses pengukuran segera diselesaikan, sehingga ganti untung bisa dibayarkan.

“Kami minta secepatnya pak, biar segera dibayar,” timpal Mulyati, warga lainnya.

Ganjar kemudian menanyakan uang yang akan diterima akan digunakan untuk apa.

Beberapa warga itu mengatakan, uang akan digunakan untuk membeli tanah di tempat lain, modal usaha dan dibagikan pada anak dan saudara.

“Rencana meh nggo tuku mobil mewah pak (rencana mau beli mobil mewah pak), tapi mending kangge tumbas ruko ben saget usaha (tapi pilih membeli ruko biar bisa usaha),” timpal Rodiyah sambil tertawa.

Ganjar melarang warga membeli barang mewah. Uang yang diterima lebih baik untuk usaha.

“Aja nggo tuku mobil (jangan untuk beli mobil ya), kalau sudah diberikan mending buat beli tanah untuk tempat tinggal atau digunakan untuk modal usaha,” kata Ganjar.

Ganjar juga berpesan pada warga Wadas untuk menjaga kerukunan dan saling menghormati. Meski ada pihak pro dan kontra, namun relasi masyarakat tidak boleh terpecah.

“Sing penting rukun ya, ada yang setuju, ada yang tidak setuju tidak apa-apa. Kalau rukun kan enak, agar persaudaraan nanti tidak gontok-gontokan. Saling menghormati dan menghargai saja, ora usah dha petentengan (tidak perlu marah-marahan),” katanya pada warga.

Ganjar menyampaikan, kedatangannya ke Desa Wadas untuk dialog dengan warga. Selain itu, dia ingin memastikan agar kerukunan tetap terjalin di sana.

“Karena berita yang tersebar di luar itu seram banget. Insyaallah tidak seperti itu. Maka saya hari ini ke Wadas untuk menengok secara langsung,” terangnya. (tr/Sumber:Humas Jateng)