Cara Kerja `Naval Strike Missile`, Rudal Berdaya Tembak 250 Kilometer Incaran TNI AL

  • Oleh : Dirham

Kamis, 10/Feb/2022 10:18 WIB
KRI Golok-688. KRI Golok-688.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - TNI Angkatan Laut dilaporkan segera menggunakan peluru kendali (rudal) naval strike missile berdaya tembak 250 kilometer untuk kapal perangnya.

Hal itu diketahui pada saat rapat paparan mengenai naval strike missile, upgrade KRI Golok-688 dan pengadaan fast missile boat yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bersama pimpinan PT Lundin Industries Invest, Kongsberg Deffence & Aerospace AS dan PT Datareka Integrasia di Wisma Elang Laut (WEL) di Jakarta, Rabu (9/2/2022). 

"TNI AL berencana akan memperkuat armada tempurnya dengan rudal (peluru kendali) naval strike missile yang sangat cocok untuk kapal-kapal perang milik TNI AL karena memiliki daya tembak sejauh 250 kilometer," demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Rabu. 

Meluncur tak terlihat Naval strike missile dianggap sangat cocok untuk TNI AL karena bisa meluncur sejauh 250 kilometer menuju obyek yang ditargetkan. 

Rudal ini juga dinilai lebih mudah digerakkan ke tempat terkecil yang tidak terlihat. 

Operasional misil ini dapat dikendalikan dari kapal utama. Misil tersebut bisa dibawa dengan fast missile boat yang berukuran kecil, yakni memiliki panjang 19 meter, lebar 4 meter dengan kecepatan 55 knot. 
Dengan ukuran itu, misil ini pun dianggap lebih efektif jika digunakan dalam pertempuran karena kecil, taktis, sulit dideteksi musuh dan sulit diserang rudal exocet namun mematikan. 

Fast missile boat yang memiliki bobot 33 ton tersebut berkemampuan layar 500 miles dengan 6 awak kapal dan bekal selama 2 minggu. Selain itu, fast missile boat ini disebut juga tidak bersuara, tidak terdeteksi radar dan mampu bergerak cepat. 

Sedangkan cara mengoperasikan rudal tersebut adalah dengan terlebih dahulu mengambil foto target dan lokasinya menggunakan inframerah. Kemudian data inframerah tersebut dimasukkan dalam data sistem persenjataan. Lalu eksekusi penembakan dilaksanakan dari komando yang berasal dari kapal utama. 

Fast missile boat tersebut bisa dimuatkan ke dalam kapal utama sejumlah 6 boat atau dapat berlayar secara mandiri. (ds/sumber Kompas.com) 
 

Tags :