Dirjen Budi dan Komisi V DPR Tinjau Progres Revitalisasi Terminal Harjamukti Cirebon

  • Oleh : Naomy

Kamis, 10/Feb/2022 19:10 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi bersama Komisi V di Terminal Harjamukti, Cirebon Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi bersama Komisi V di Terminal Harjamukti, Cirebon

CIREBON (BeritaTrans.com) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi bersama rombongan Komisi V DPR tinjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (10/2/2022).

Dalam tinjauan tersebut, Dirjen Budi mengatakan, sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan dalam rangka mengembalikan fungsi terminal serta meningkatkan minat masyarakat bepergian menggunakan transportasi umum, Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan perbaikan salah satunya dengan melakukan revitalisasi atau perbaikan terminal bus. 

Baca Juga:
Kemenhub: Penggunaan Sabuk Pengaman Wajib Saat Berkendara!

Untuk melakukan revitalisasi tersebut, menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan juga investor swasta melalui konsep KPBU (Kerjasama Pemerintah - Badan Usaha) untuk membangun pusat komersial. 

“Revitalisasi Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon ini dikonsepkan terminal mixed used dan akan dimanfaatkan juga sebagai pusat kegiatan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya yang dapat mengakomodir berbagai kegiatan kemasyarakatan,” kata Dirjen Budi. 

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Bagikan Tips Aman Bagi Pemudik Saat Gunakan Lajur Contraflow

Mendukung pernyataan tersebut, Ketua Tim Komisi V DPR H.M. Arwani Thomafi mengatakan, tujuan dari revitalisasi Terminal ini adalah masyarakat para pengguna transportasi mendapatkan pelayanan yang lebih baik, kemudahan aksesibilitas, serta keamanan dan kenyamanan saat menggunakan transportasi. 

"Ke depannya diharapkan juga Terminal Harjamukti ini dapat dimanfaatkan secara penuh oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya untuk kegiatan positif," katanya.

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Sampaikan Duka Cita Kecelakaan di KM 58 Tol Japek: Utamakan Keselamatan!

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati menambahkan, diharapkan Terminal lainnya baik Tipe C dapat terhubung dengan Terminal Tipe A yang ada. 

"Semoga dengan adanya revitalisasi Terminal Harjamukti ini diharapkan dapat bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat Cirebon juga bagi warga di lintas Provinsi," ungkapnya.

Untuk diketahui, terminal ini menempati  lahan seluas ± 3,7 Ha dengan luas bangunan terminal ± 3.360 m² dibangun dengan menggunakan dana APBN. 

Adapun progres revitalisasi Terminal Harjamukti pada tahun 2020 telah dilakukan Pekerjaan Persiapan Struktur Lantai I, Pekerjaan Arsitektur Lantai I, Pekerjaan  MEP Lantai I, Pekerjaan Landscape Area Pengendapan Bus dan Pekerjaan Signage dengan pagu sebesar Rp20 miliar. 

Dilanjutkannya, di tahun 2021 telah melakukan Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Struktur Lantai 2, Pekerjaan Arsitektur Lantai 2, Pekerjaan MEP Lantai 2, Pekerjaan Landscape Area Parkir Kendaraan Pribadi, Pengadaan dan Pemasangan Furnishing dengan anggaran sebesar Rp29 miliar . 

Dalam tinjauan ini turut mendampingi Dirjen Budi, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Popik Montanasyah, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Denny Michels Adlan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon Andi Armawan, serta Perwakilan Jasa Raharja. (omy)