KPLP Ikut Simulasi Pengamanan Laut Jelang MotoGP Mandalika

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 11/Feb/2022 11:43 WIB
Pelabuhan Lembar Pelabuhan Lembar

 

LEMBAR (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui jajaran Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar mengikuti kegiatan simulasi pengamanan di laut. 

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Simulasi tersebut digelar dalam rangka menyambut gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) 18 - 20 Maret 2022.

Kepala KSOP Lembar R. Pradigdo menyebutkan, simulasi pengamanan tersebut dilaksanakan oleh Polairud NTB dan diikuti oleh TNI AL, KPLP Lembar/KSOP Lembar, KKP Lembar, Kantor Imigrasi, Bea Cukai, Basarnas, Dinas Perhubungan NTB dan Lombok Barat, Dinas Pariwisata, serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga:
Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

"Simulasi pengamanan ini dibuka Ditpolairud NTB Kombes K.S.Ritonga dan Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto," ujarnya.  

Terlibat juga dari polisi, polairud, TNI, dan KPLP dalam pengamanan barang maupun kapal yang tiba di pelabuhan.

Baca Juga:
PPLP Tanjung Priok Meriahkan HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai

Dia menjelaskan, proses pengamanan dilakukan banyak pihak sesuai dengan tugasnya masing-masing.

"Kami dari KSOP bertugas mengecek surat dan dokumen kapal, adapun setiap instansi yang terlibat dalam simulasi ini punya tugas masing-masing," kata dia.

Adapun simulasi pengamanan tersebut meliputi proses saat kapal tiba, memuat barang cargo milik MotoGP mulai dari proses kedatangan sampai tiba di pelabuhan, pemeriksaan dokumen, hingga pemeriksaan kesehatan.

"Pelaporan dalam simulasi tersebut diceritakan seakan  ada perompak yang menggangu keamanan pelayaran dan sampai terjadi kekerasan dan Polairud taktikal bersama TNI AL menyelamatkan sandera dan proses sampai penyelamatan awak kapal yang jatuh ke laut," ungkapnya.

Pelabuhan Lembar menjadi salah satu pintu masuk penonton MotoGP Mandalika. Berbagai kesiapan telah dilakukan mulai dari pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas dan beberapa zona lain. 

Yaitu Zona Petikemas dengan luas 6,06 Ha, Zona Logistik 1,18 Ha, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan 2,95 Ha, Zona Pariwisata / Marina 0,37 Ha, Zona Utilitas 0,83 Ha, Zona Pemerintah 0,5 Ha, Draft Alur & Kolam – 12 mLWS dan Kapasitas Kontainer 1900 Teus.
 
"Sejauh ini kami pastikan kesiapan pelabuhan dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika ini sudah sangat siap dengan standar pelayanan dan aspek protokol kesehatan menjadi poin penting, karena dipastikan penonton lebih banyak dari mancanegara," tutupnya. (omy)