KPLP Tingkatkan Keterampilan dan Kemampuan Personel Boarding Officer

  • Oleh : Naomy

Selasa, 15/Feb/2022 18:25 WIB
Pelarihan tim KPLP Pelarihan tim KPLP

MANADO (BeritaTrans.com) - Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tingkatkan Keterampilan dan Kemampuan Personel Boarding Officer melalui Mitigasi Risiko Dalam rangka Keamanan, Keselamatan   Pelayaran menuju poros Maritim Dunia.

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Hal itu dalam upaya meningkatkan performa kemampuan pertahanan diri walaupun dalam suasana yang tidak biasa terkait Covid 19, namun tidak berarti membuat kita menjadi lemah dalam membekali diri untuk tujuan mulia yaitu melayani kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi laut. 

"Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personel KPLP harus cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim," ujar Direktur KPLP Capt. Weku Fredirik Karuntu di Manado, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

Selain itu, personel juga harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya keterampilan tentang Boarding Officer. 

Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok untuk awak kapal negara yang berisikan tentang teknik-teknik untuk menghindari dan melumpuhkan lawan, bilamana menghadapi bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi apapun atau situasi darurat.

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

Oleh karena itu, pihaknya bertanggungjawab menyelenggarakan pelatihan Boarding Officer yang bertujuan membentuk SDM KPLP yang selalu siap siaga dan terampil dalam menghadapi situasi, kondisi serta ancaman yang kerap terjadi baik di laut, pantai maupun di pelabuhan.

Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran yang mutlak ditegakkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Sehingga para pengguna jasa transportasi laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya.

"Saya berharap Para Instruktur – instruktur yang terlatih, Kami menitipkan kepada anda sekalian untuk memberikan pelatihan dan tehnik yang terbaik bagi para peserta, dengan adanya pelatihan Boarding Officer ini, diharapkan para peserta bisa menjadi personil KPLP yang selalu siap siaga, berjiwa korsa, terampil, berani bertindak dan bertanggungjawab," bebernya. 

Ke depan dia juga berharap setelah mengikuti pelatihan Boarding Officer ini, para personel KPLP dan awak kapal negara harus bisa lebih baik lagi dalam mengemban tugasnya di unit kesatuannya masing-masing. (omy)