2 Ban Meleduk Saat Lepas Landas, Pesawat Boeing 737 American Airlines Batalkan Penerbangan

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 17/Feb/2022 07:50 WIB


Baca Juga:
Gemblung! Seorang Penumpang Coba Buka Pintu Pesawat Airbus A321 & Terobos Kokpit, Penerbangan American Airlines Dialihkan

NEW YORK (BeritaTrans.com) - Pesawat Boeing 737 American Airlines  terpaksa membatalkan lepas landas dari Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) akibat beberapa ban meleduk.

Pesawat tujuan Phoenix berhasil berhenti dengan aman di landasan setelah lepas landas yang digagalkan. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana tepatnya insiden ini terjadi, dan apa yang mengikutinya.

Penerbangan American Airlines AA2829 adalah layanan terjadwal harian yang berangkat dari maskapai warisan AS yang berbasis di Fort Worth dan hub Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) anggota pendiri oneworld di New York. Menurut data dari situs pelacakan FlightRadar24.com, ia memiliki waktu keberangkatan terjadwal 12:45 setiap hari.

Baca Juga:
American Airlines akan Borong Boeing 737 MAX

Tujuan penerbangan adalah Phoenix Sky Harbor International (PHX) Arizona, hub American Airlines lainnya. Dengan durasi yang direncanakan lima jam dan 52 menit, dan memperhitungkan perbedaan waktu, kedatangannya di Phoenix dijadwalkan akan terjadi pada pukul 16:37 waktu setempat. Namun, waktu yang dihabiskan di udara biasanya sekitar lima jam.

Sebuah tampilan cepat di situs web AA menunjukkan bahwa ia mengoperasikan beberapa penerbangan sehari dari JFK ke Phoenix. Operator menghadapi persaingan langsung dari Delta dan JetBlue. Hal ini menyebabkan rute menjadi salah satu bandara tersibuk. Memang, data BTS menempatkan Phoenix sebagai yang memiliki permintaan tertinggi kesembilan untuk rute domestik JFK tahun lalu.

Baca Juga:
Penumpang Pesawat Dipenjara 6 Bulan Usai Lecehkan Pramugari Saat Pura-Pura Tidur

Sementara New York dan Phoenix berada ribuan kilometer jauhnya, penerbangan American Airlines AA2829 kemarin sayangnya tidak sampai sejauh itu. Ini karena, menurut The Aviation Herald, Boeing 737 yang mengoperasikan penerbangan itu mengalami beberapa ban kiri pecah saat mencoba berangkat dari New York.

Dengan 142 penumpang dan enam awak di dalamnya, jet tersebut dilaporkan melaju dengan kecepatan sekitar 167 km/jam (90 knot) ketika lepas landas harus dibatalkan.

Pesawat kemudian berhenti sekitar 1.700 meter di sepanjang landasan pacu 31L New York JFK sepanjang 4.423 meter. Tidak ada satu pun penumpang yang terluka.

Seperti yang terlihat pada tweet, ban yang pecah hancur berkeping-keping, dengan akibatnya rangka roda pesawat bersentuhan dengan tanah.

Setelah ditarik dari landasan, penumpang dapat turun dari jet, dan kembali ke terminal dengan bus. Seorang juru bicara American Airlines memberikan pernyataan berikut:

“Tak lama setelah pukul 1 siang ET kemarin, American Airlines penerbangan 2829 menghentikan lepas landas dari Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) karena masalah dengan roda pendarat utama kiri. Pesawat berhenti dengan aman di landasan pacu dan pelanggan dipindahkan ke terminal melalui bus, di mana mereka dipindahkan ke pesawat lain yang kembali berangkat ke Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor (PHX) pada pukul 17.55 ET. Kami berterima kasih kepada kru kami atas profesionalisme mereka dan pelanggan kami atas kesabaran mereka."

Pesawat yang mengalami ledakan spektakuler saat lepas landas adalah Boeing 737-800 yang terdaftar sebagai N334PP.

Menurut data dari ch-aviation.com, usianya 4,55 tahun, setelah memasuki layanan dengan Amerika pada Agustus 2017. Pada saat penulisan, pesawat itu tetap berada di tanah di New York sehari setelah kejadian.

Adapun penumpang penerbangan AA2829 akhirnya berhasil sampai ke Phoenix dengan pesawat pengganti. Terdaftar sebagai N339PL, Boeing 737-800 ini sedikit lebih tua, yaitu 4,69 tahun.

Ia berangkat dari JFK pada pukul 18:07, dan mendarat di Phoenix pada pukul 21:09 waktu setempat. Ini mewakili penundaan total sekitar empat setengah jam.

Sumber: simpleflying.com