Badai Eunice Gagalkan Ratusan Jadwal Penerbangan di London, Banyak Pesawat Gagal Mendarat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 19/Feb/2022 13:05 WIB


LONDON (BeritaTrans.com) - Bandara London City pada hari Jumat menghentikan semua penerbangan hingga setidaknya 16:30 waktu setempat karena rekor angin kencang dari Storm Eunice mendorong banyak pembatalan penerbangan di beberapa bandara Inggris.

Hampir 400 penerbangan masuk dan keluar dari Inggris telah dibatalkan karena Badai Eunice, menurut data yang diberikan kepada surat kabar Guardian, dan semua penerbangan easyJet, Aer Lingus, Jet2 dan Wizz Air masuk dan keluar dari London dihentikan sementara.

Perusahaan analitik penerbangan, Cirium, mengatakan 261 penerbangan masuk dan 120 penerbangan keluar telah dibatalkan sekitar pukul 3 sore pada hari Jumat.

Baca Juga:
Antrean Kacau Penumpang di Bandara Heathrow dan Manchester, Petugas Diludahi

Sebanyak 81 penerbangan dibatalkan di London Heathrow, 61 di bandara London City, 38 di bandara Manchester, 27 di London Gatwick dan 17 di bandara Internasional Glasgow.

Baca Juga:
Tak Lagi Wajib Bermasker di Bandara Heathrow London

Penumpang dengan penerbangan easyJet EJU8014 dari Bordeaux ke London Gatwick mengalami dua pendaratan yang dibatalkan sebelum pesawat mereka ditempatkan dalam pola penahanan di pantai selatan dan kemudian dipaksa untuk kembali ke kota Prancis. Itu mendarat kembali pada titik awalnya lebih dari tiga jam setelah berangkat.


Namun, semua penerbangan terjadwal ke UEA dari Gatwick dan Heathrow, bandara terbesar di Inggris, tidak terpengaruh.

Baca Juga:
Bandara London Buka Taman untuk Publik Lihat dari Dekat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat

Seorang perwakilan Heathrow mengatakan kepada The National bahwa bandara telah membuat ketentuan untuk gangguan badai.

“Kami memiliki rekan tambahan di terminal untuk mendukung penumpang kami, dan kami bekerja sama erat dengan maskapai kami dan mitra kontrol lalu lintas udara untuk membuat orang-orang pergi dengan aman dalam perjalanan mereka secepat mungkin.

“Angin kencang dan cuaca buruk dapat menyebabkan penundaan menit-menit terakhir, tetapi kami akan melakukan segala daya kami untuk meminimalkan gangguan apa pun. Kami mendorong penumpang untuk memeriksa status penerbangan mereka dengan maskapai mereka untuk informasi terbaru.”

Dengan penerbangan ke Emirates yang biasanya lepas landas pada sore hari, dan Badai Eunice terburuk yang diperkirakan telah lewat di tenggara Inggris pada saat ini, bisa jadi rute Inggris-UEA sebagian besar akan tetap tidak terpengaruh.

Namun, lepas landas adalah bagian terakhir dalam teka-teki dan gangguan pada infrastruktur transportasi di sekitar hub udara Inggris dapat menyebabkan banyak pelancong berjuang untuk mencapai bandara tujuan mereka.

Siapa pun yang bepergian dari Isle of Wight pasti akan kesulitan. Kantor Met Inggris mengumumkan bahwa hembusan angin 122 mil per jam yang tercatat di pulau di lepas pantai selatan Inggris mungkin merupakan rekor Inggris.

Walikota London Sadiq Khan mentweet bahwa warga London harus tinggal di rumah saat Badai Eunice mendorong kota itu untuk mengeluarkan peringatan Merah yang langka, sementara Transport for London mengingatkan mereka yang menghadapi badai untuk memeriksa penundaan dan pembatalan sebelum mereka berangkat.