24 Peserta Selesaikan Pelatihan Boarding Officer KPLP

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 19/Feb/2022 17:47 WIB
Peserta pelatihan Peserta pelatihan

MANADO (BeritaTrans.com) - Sebanyak 24 peserta selesaikan Pelatihan Boarding Officer gelaran Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Manado,14-19 Februari 2022.

Kepala Subdit Patroli dan Pengamanan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Capt. Ramadhan Hari Harahap menyampaikan peserta Pelatihan Boarding Officer 24 peserta itu terdiri dari tujuh Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Laut Wilayah Sulut yang masing-masing mengirimkan dua orang anggota. 

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Selanjutnya lima Pangkalan PLP, yang masing-masing mengirimkan tiga orang anggota. 

"Untuk Pangkalan PLP Kelas II Bitung selain mengikut sertakan
tiga orang anggota untuk menjadi peserta, juga mengirim tiga orang anggota lainnya yang akan bertindak sebagai instruktur pada pelatihan ini," ujarnya, Sabtu (19/2/2022).
 
Pelatihan Boarding Officer ini juga telah melaksanakan kegiatan praktek atau drill exercise di laut tepatnya disekitaran Pantai Likupang 17 Februari 2022 dengan menggunakan Kapal Negara milik Pangkalan PLP Kelas II Bitung yaitu KN. Gandiwa - P.118 dan KN-P.331 sejak hari senin 14 Februari 2022 sudah standby di Pelabuhan Munte Likupang.
 
Sebagai informasi, Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang diperlukan bagi awak kapal negara yang mempelajari teknik-teknik untuk menghindari dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi apapun atau situasi darurat.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Direktur KPLP Capt. Weku Federik menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan keselamatan dan keamanan pelayaran serta meningkatkan penguasaan peraturan Peraturan Internasional (IMO), SOLAS, MARPOL, SCTW) dan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

"Ini juga merupakan dukungan pemerintah dalam kegiatan program G20, dan fokus Perhubungan Laut dalam rangka mensukseskan tujuan prioritas utama wisata Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga:
Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

Personel KPLP harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas di lapangan untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran di seluruh Tanah Air.

Dia mengatakan, para petugas di lapangan harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya keterampilan tentang Boarding Officer.

"Jangan lupa untuk tetap meningkatkan performa kemampuan pertahanan diri walaupun dalam suasana yang tidak biasa dengan adanya pandemi Covid-19," ujarnya. (omy)