Pasukan Raider Yonif 733 Mendarat Konflik Pulau Haruku Mereda

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 20/Feb/2022 01:58 WIB
foto:istimewa/Pendam XVI/Pattimura foto:istimewa/Pendam XVI/Pattimura

MALUKU TENGAH (BeritaTrans.com) - Ketegangan yang terjadi di wilayah, Aboru beberapa waktu lalu  kini kembali mulai kondusif. Senin (14/02/2022) terjadi penembakan oleh orang tak dikenal di hutan antara Desa Hulaliu dengan Desa Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah.

Baca Juga:
Gelar Operasi, Kembali Satgas Yonif RK 732/Banau Kodam XVI/Patimura Dapatkan Senjata Organik dan Amunisi dari Masyarakat

Dalam kejadian yang diwarnai dengan penembakan itu mengakibatkan  korban meninggal dunia dan luka-luka.

Dalam rangka meredakan situasi dan memberikan jaminan rasa aman serta untuk mencegah kemungkinan berkembangnya ketegangan antara masyarakat ke dua negeri,  Kodam XVI/ Pattimura atas permintaan Polda Maluku telah menerjunkan Pasukan Raider ke Pualau Haruku yang dipimpin langsung menuju lokasi oleh Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Soumokil .

Pasukan perkuatan  yang dikirim oleh Kodam XVI/ Pattimura berasal dari satuan tempur Yonif Raider 733/ Masariku sebanyak 2 SST yang  diperbantukan ke Kodim 1504/ Ambon,  Memperkuat pasukan dari Satgas Yonarhanud 11 yang sudah digelar sebelumnya maupun Polisi yang sudah di lokasi.

Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo membenarkan adanya pengiriman pasukan ke Pulau Haruku tersebut. "Atas perintah  Pangdam  mengirim pasukan guna mencegah kemungkinan ketegangan yang semakin luas, sebagai antisipasi perkembangan situasi di Haruku. Saat ini, semua satuan jajaran Kodam XVI/ Pattimura  dalam kondisi siaga dan siap digerakkan sewaktu-waktu atas perintah," kata Kapendam, dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com.

Pasca diturunkan nya pasukan perkuatan dari Yonif Raider 733/Masariku situasi berangsur mereda. Diharapkan situasi dapat segera  kembali kondusif seperti sebelumnya. (ahmad)