20 Destinasi Wisata Menarik di Sumedang, Ada Bekas Benteng Pertahanan Belanda dan Museum Benda Pusaka

  • Oleh : Taryani

Minggu, 20/Feb/2022 12:13 WIB
Salah satu lokasi wisata Danau Situ Cilembang yang berair jernih. (Ist.) Salah satu lokasi wisata Danau Situ Cilembang yang berair jernih. (Ist.)

SUMEDANG (BeritaTrans.com) -  Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah tingkat dua di Jawa Barat. Daerah ini dikenal sebagai penghasil  tahu dan ubi cilembu. Sumedang juga  memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan.

Wilayahnya banyak dikelilingi pegunungan dan lembah. Hal ini  membuat Sumedang memiliki keindahan alam yang menarik dikunjungi.

Wajar jika banyak masyarakat dari luar daerah  yang datang berkunjung menikmati keindahan alam  juga keanekaragaman adat  istiadat dan budaya.

Terlebih,  sekarang ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang atau pihak swasta sudah cukup banyak mengelus-elus  atau memoles sejumlah lokasi wisata,  sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun regional.

Yang menarik,  ketika berkunjung ke salah satu lokasi wisata di Kabupaten Sumedang ini, pengelola menetapkan tarif  masuk yang murah meriah. Sehingga tentu saja tidak sampai membuat  kantong  pengunjung jebol.

Sedikitnya terdapat 20 obyek wisata di Kabupaten Sumedang ini. Di antaranya;  1. Kampung TOGA Sumedang. 2. Danau Situ Cilembang. 3. Puncak Damar Baros. 4. Mendaki di Gunung Tampomas. 5. Sirah Cipelang, Mata Air yang Menyejukkan.

6. Eco Green Park Kampung Karuhan. 7. Arung Jeram Pangcalikan. 8. Air Terjun Kembar Curug Cinulang. 9. Wisata Alam Panjugjugan. 10. Agrowisata Kampung Nangorak. 11. Air Terjun Cirug Cigorobog. 12. Cipanas Sekarwangi. 13. Perkebunan Teh Margawindu. 14. Gunung Kunci.

15. Kolam Renang Gajah Depa. 16. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga. 17. Puncak Gunung Batu. 18. Toga Peak Cafe. 19. Kampung Ciherang dan  20. Museum Prabu Geusan Ulun.

1. Kampung TOGA Sumedang

Sesuai namanya, TOGA kependekan dari Tamanan Obat Keluaga. Di sini pengunjung  bakal diajak mengenal berbagai tanaman obat dengan cara yang lebih menyenangkan.

Tempat wisata di Sumedang ini berjarak kira-kira 2 km dari Sumedang Kota. Alamatnya Jl. Makam Cut Nyak Dien Gunung  Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang,  Jawa Barat.

Di lokasi wisata ini bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Mulai dari berenang, memancing, main paint ball, hiking, berkeliling dengan naik sepeda, mencoba arung jeram hingga mencoba gantole dan masih banyak  yang menarik lainnya.

Tempat wisata ini juga menyediakan villa untuk yang berniat bermalam. Biaya masuknya gratis. Namun ada biaya parkir dan biaya tambahan  yang terjangkau.

2. Danau Situ Cilembang

Tempat wisata ini memiliki air danau yang jernih dan bersih. Lokasi wisata Situ Cilembang berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua,  Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jika ingin menikmati suasana indahnya alam yang masih asri, bsia dicoba datang ke tempat ini. Tapi ingat,  tidak boleh mandi di sini. Sebab air yang ada di danau ini  dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk dikonsumsi.

Jadi,  harus ikut menjaga kebersihan ketika berada di tempat wisata ini. Sehingga air danau tidak  kotor.

Jam bukanya sekitar pukul 07.00 – 16.00 WIB. Tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Namun untuk menjaga keamanan kendaraan bsia menyisihkan uang receh Rp 3.000.

3. Puncak Damar Baros

Puncak Damar Baros Jatigede salah satu obyek wisata di Sumedang yang menawarkan keindahan waduk Jatigede dengan pemandangan perbukitan yang mempesona.

Tempat yang indah ini sering  diserbu para pecinta fotografi. Selain itu bisa juga melakukan aktivitas menarik seperti camping ataupun outbond.

Fasilitas yang tersedia sudah memadai. Misalnya gazebo hingga area bermain anak-anak bikin betah di tempat yang satu ini.

Alamatnya di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Untuk tiket masuk, cukup   Rp 5.000.

4. Mendaki di Gunung Tampomas

Salah satu tempat wisata Sumedang  yang bisa dimanfaatkan  para pendaki adalah Gunung Tampomas. Ketinggian gunung sekitar 1.684 meter di atas permukaan laut  (MDPL) yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna.  

Banyaknya tumbuh-tumbuhan yang ada di Gunung Tampomas ini seperti Saninte, Rasamal dan juga Jamuju yang menyejukkan mata pengujung.

Sedangkan untuk faunanya bisa melihat lutung, kancil, babi hutan dan juga berbagai macam jenis burung.

Di kaki gunung Tampomas juga  terdapat  tempat wisata sumber air panas yang dapat menghangatkan badan. Alamatnya di Cibeureum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat.

5. Sirah Cipelang, Mata Air yang Menyejukkan

Sirah Cipelang beralamat di Kecamatan Conggeang.  Mata Air nya bakalan memberikan kesegaran karena langsung bersumber dari mata air pegunungan Tampomas yang alami.

Tempatnya begitu rindang dipenuhi pepohonan. Bisa merasakan sensasi kesegaran saat menyelam di mata air Sirah Cipelang ini. Airnya jernih juga bisa jadi spot foto underwater.

Tersedia juga pemandian umum. Silakan mandi sepuasnya,  tetap dengan menjaga kebersihan dan kesopanan.

Alamatnya di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Biaya masuk Rp 5.000.

6. Eco Green Park Kampung Karuhan

Dengan mengusung konsep Eco Green Park, hadir tempat wisata di Sumedang yang bernama Eco Green Park Kampung Karuhan.

Alamatnya di Jalan Pagar Betis, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.  

Fasilitas yang ada kolam renang, outbound, area camping ground, kendaraan ATV, hingga wisata kuliner dan lain-lain. Dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

7. Arung Jeram Pangcalikan

Di Sumedang juga ada Arung Jeram Pangcalikan dengan arus yang menantang. Berlokasi di Desa Citepok, Arung Jeram ini memberikan pengalaman berharga dalam petualangan yang seru.

Jalur sungai diapit tebing. Bakal menambah daya eksotis.

Kalau musim kemarau tiba, air sungai Cipeles ini surut  sehingga  memperlihatkan kejernihan air yang  menakjubkan.

Alamat lengkapnya Sungai Cipeles, Desa Citepok, Sumedang, Jawa Barat. Biaya yang ditawakan untuk merasakan arung jeram yang dinikmati beramai-ramai di tempat ini adalah Rp 225.000 dengan berbegai fasilitas yang sangat memadai.

8. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Tempat wisata Sumedang  yang paling banyak diminati para wisatawan adalah Curug Cinulang. Tempat wisata ini mempunyai air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter dan air terjun ini paling terkenal di Kota Sumedang.

Disebut Curug Sindulang  karena tempatnyaberada di Desa Sindulang. Memiliki dua air terjun  yang g berdampingan.

Jam buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Alamatnya di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang,Cimanggung,Sumedang,Jawa Barat, 45364. Tiket masuk  hanya Rp 10.000.

9. Wisata Alam Panjugjugan

Di Sumedang ada desa wisata yang menyuguhkan interaksi alam yang menarik. Di tempat ini bisa belajar tentang ilmu alam serta melihat langsung pengolahan hasil pertanian dan peternakan.

Aktivitas lainnya, bisa berenang, naik perahu berkeliling, menikmati permainan tradisional, hingga mencoba terapi di kolam ikan atau bermain flying fox.

Alamatnya di Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kalian bisa datang ke wisata ini sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harta tiketnya, sesuai dengan paket yang kalian ambil.

10. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak merupakan destinasi wisata edukasi.  Mengambil konsep agroeduteknowisata, tempat ini tak hanya menawarkan rekreasi alam, tetapi juga tempat belajar alam yang seru.

Lokasinya kurang lebih hanya 6 km saja dari pusat kota Sumedang, Alamatnya di  Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang,  Jawa Barat.

Beragam hal bisa dilakukan. Seperti belajar menanam, berternak, memancing hingga camping seru di tengah alam terbuka.

Tempat wisata ini berada di kawasan di ketinggian 765 MDPL hingga 1.035 MDPL , membuat suasana sejuk nan menentramkan. Tersedia tempat  menginap di rumah pohon dengan biaya sewa   yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

 

Keindahan air terjun Curug Cigorobog di Kabupaten Sumedang. (Ist.)

 

11. Air Terjun Curug Cigorobog

Air Terjun Curug Cigorobog letaknya tidak jauh dari pusat kota, sehingga dapat mengunjugi tempat ini dengan mudah.

Air terjun di Curug Cigorobog memiliki tiga tingkatan dan ketinggiannya sekitar 40 meter sehingga memperlihatkan keindahan yang eksotis dan udaranya segar.

Untuk masuk ke kawasan wisata Curug Cigorobog ini tiket masuk Rp 3.000. Alamatnya,  Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang Regency, West Java 45311.

12. Cipanas Sekarwangi

Ingin mandi air panas? Sumedang juga punya pemandian air panas. Namanya Sumber Air Panas Sekarwangi.

Sambil bersantai, sambil berendam di air panas. Dijamin  merasa nyaman dan rasa lelah di tubuh bakal terobati.

Ada tempat menginap. Cukup banyak kamar hotel  yang dapat digunakan bersantai  sesuai  budget  yang direncanakan.

Alamatnya di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua. Biaya masuk kolam air panas hanya Rp 10.000. Jika menginap  harga disesuaikan  dengan kondisi penginapan yang ada.

13. Perkebunan Teh Margawindu

Sumedang juga punya wisata perkebunan teh bernama Perkebunan Teh Margawindu. Udara di tempat ini sangat segar dengan penoramanya yang indah.

Kalau berkunjung ke sini hanya butuh waktu perjalanan 30 hingga 45 menit  dari pusat Kota Sumedang.

Lokasi Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu ini berada di Citengah, Sumedang, Jawa Barat. Terletak di Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Tiket masuk gratis. Namun ada biaya parkir kendaraan bermotor.

14. Gunung Kunci

Gunung Kunci merupakan sebuah bukit kecil yang lokasinya tak jauh dari Alun-alun Kota Sumedang. Tepatnya berjarak kurang lebih 250 meter sebelah barat Alun-alun.

Dulunya, objek wisata ini adalah benteng pertahanan yang dibangun Belanda. Di dalam benteng itu terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi masing-masing.

Sembari merasakan kondisi alam yang keren, bisa menyaksikan sisa-sisa  peninggalan sejarah untuk melengkapi wawasan tentang Kota Sumedang.

Lokasinya berada di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Biaya masuk Rp 7.000.

15. Kolam Renang Gajah Depa

Gajah Depa hadir sebagai wahana permaianan air modern di Sumedang yang siap memberikan keseruan.

Karena di tempat wisata ini ada Family Slide,  berbentuk papan luncur bisa digunakan 10 orang.  

Wahana lainnya,  Water Roller, Water Ball, Spill Buckjet, Water Capsule, Water boom, dan juga Handboat.

Ada juga istana boneka, trampolin, dan juga kereta mini untuk melengkapi permainan seru lainnya.

Lokasinya di Jalan Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tiket masuk weekday Rp20.000 dan weekend Rp 25.000.

16. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Menikmati Paralayang di atas ketinggian tanah mencapai kurang lebih 930 MDPL  bisa menyaksikan  pemandangan alam yang mempesona.

Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga ini terletak di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 4536.Tiketnya Rp 30.000. Jam buka pukul 07.00 hingga 18.00.

17. Puncak Gunung Batu

Di Sumedang kalian juga bisa menemukan Puncak Gunung Batu dengan keindahan yang menakjubkan di depan mata.

Dengan suasana bernuansa mistis, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Lokasinya di Desa Rancabawang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Tiketnya Rp 10.000 per orang.  Justru yang lebih mahal biaya  parkir kendaraan. Untuk sepeda motor  Rp 15.000, mobil Rp 30.000, Mikro Bus Rp 50.000.

18. Toga Peak Cafe

Toga Peak Cafe bisa menjadi tempat pilihan nongkrong yang asyik. Cafe ini berada di Kota Sumedang yang punya space luas sehingga  bisa dimanfaatkan  beramai-ramai.

Hidangan yang ditawarkan beragam. Mulai dari makanan nusantara hingga western. Alamatnya,  di Sukajaya, Sumedang Selatan, Sumedang Regency, West Java 45311.

19. Kampung Ciherang

Destinasi ini memberikan pengalaman wisata alam mempesona dengan hutan pinus di sekelilingnya. Harga tiket Rp 40.000 dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Alamatnya di Cijambu, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45362.

20. Museum Prabu Geusan Ulun

Selain wisata alam, ada objek wisata budaya, sejarah, dan edukasi yang terdapat tempat wisata Sumedang yang bernama Museum Prabu Geusan Ulun.

Awalnya sih tempat ini adalah salah satu kediaman bupati dan para kerabatnya. Namun, sekarang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Terdapat beberapa bangunan di lokasi ini seperti Ruang Bumi Kaler, Ruang Srimanganti, Gedung Gamelan, Ruang Bumi Gendeng, dan Gedung Pusaka Khusus.

Lokasinya di Jalan Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Tiket masuk Rp 2.000 anak-anak dan  Rp 3.000 dewasa. Tiket wisatawan asing Rp 10.000. Museum ini buka pada jam 08.00 WIB – 16.00 WIB.  (Taryani/Dari Berbagai Sumber)