7 Kota di Dunia dengan Nama Terpanjang dan Agak Sulit Diucapkan

  • Oleh : Taryani

Senin, 21/Feb/2022 09:47 WIB
Ilustrasi Bangkok akan berganti nama mwnjadi Krung Thep Maha Nakhon. (Foto CNN Indonesia) Ilustrasi Bangkok akan berganti nama mwnjadi Krung Thep Maha Nakhon. (Foto CNN Indonesia)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Baru-baru ini, ibu kota Thailand, Bangkok, disebut bakal mengubah nama kotanya menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Meski demikian, nama ini baru bisa digunakan secara resmi setelah komite yang bertugas memeriksa rancangan Undang-Undang menyetujuinya.

Mengutip Banana Thai School, Krung Thep Maha Nakhon memiliki arti 'kota besar para bidadari.' Sementara itu, kata Krung Thep sendiri tak asing bagi warga Thailand, mengingat kata itu biasa mereka gunakan untuk merujuk pada Bangkok.

Namun, Bangkok sebenarnya memiliki nama yang cukup panjang, yakni: "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit."

Nama panjang kota Bangkok sendiri memiliki 188 huruf. Tak hanya Bangkok, berikut beberapa kota lain dengan namanya  yang cukup panjang:

1. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (Wales)

Mengutip BBC, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch berlokasi di Wales, Inggris. Masyarakat lokal biasa mengatakan nama kota ini dengan 'Llanfair PG.' Ini merupakan nama daerah terpanjang yang ada di Inggris.Nama kota ini terdiri dari 58 huruf.

Awalnya, kota ini memiliki nama Llanfair Pwllgwyngyll. Namun, nama daerah ini kemudian diperpanjang untuk menarik wisatawan di 1860-an.

Nama panjang kota ini memiliki arti: "Gereja St Mary di lembah hazel putih dekat pusaran air yang deras dan Gereja Saint Tysilio di gua merah."

2. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea (Spanyol)

Sebagaimana dilansir World Atlas, Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea merupakan nama kota terpanjang di Spanyol. Kota ini dinamai dari bahasa Bosque yang berarti "bidang rendah pena tinggi Azpilkueta".Nama kota ini memiliki 39 huruf.

3. Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka (Finlandia)

Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka merupakan kota yang terletak di Finlandia. Nama kota ini memiliki 35 huruf.

4. Muckanaghederdauhaulia (Irlandia)

Muckanaghederdauhaulia adalah kota yang terletak di Irlandia. Nama kota ini memiliki 23 huruf.

5. Parangaricutirimicuaro (Meksiko)

Parangaricutirimicuaro adalah nama salah satu kota di Meksiko. Kota ini juga dikenal dengan nama Nuevo San Juan Parangaricutiro.

Kota ini berada di negara bagian Michoacán yang berjarak 23 km dari Kota Meksiko. Kota ini memiliki gunung api yang bernama Parícutin. Nama kota ini terdiri dari 23 huruf.

6. Svalbarðsstrandarhreppur (Islandia)

Svalbarðsstrandarhreppur merupakan salah satu kota di Provinsi Norðurland eystra, Islandia. Mengutip DB City, kota dengan luas 7,5 kilometer persegi ini hanya dihuni sekitar 414 orang. Svalbarðsstrandarhreppur berada di wilayah utara Islandia, tepanya di celah teluk sempit negara itu.

7. Washington-on-the-Brazos (Texas, AS)

Washington-on-the-Brazos merupakan salah satu kota di Texas, AS. Nama kota ini memiliki 25 huruf.

Mengutip Britannica, di kota ini, terdapat situs sejarah dengan nama Washington-on-the-Brazos State Historical Site. Situs ini berada di sepanjang Sungai Brazos.

Sementara itu, kota ini disebut-sebut menjadi tempat kelahiran Republik Texas selama Revolusi Texas. (tr/Sumber:CNN Indonesia)